PERKEMBANGAN BENTUK PENYAJIAN KESENIAN REYOG KENDANG DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Wiga Nugraheni, Kuswarsantyo Kuswarsantyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Perkembangan Bentuk Penyajian Kesenian Reyog Kendang di Kabupaten Tulungagung.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan kesimpulan. Kredibilitas data diperoleh dengan menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkembangan Bentuk Penyajian Kesenian Reyog Kendang mulai sejak tahun 2014 – 2018 sekarang ini dipengaruhi oleh faktor internal yaitu ide-ide baru dari para seniman dan faktor eksternal yaitu tuntutan kebutuhan kesenian dan lingkungan sosial. Perkembangan bentuk penyajian tersebut meliputi gerak, desain lantai, iringan musik, tata rias, tata busana, tata lampu (lighting), tempat pertunjukan dan perlengkapan tari (property). Adanya perkembangan bentuk penyajian tersebut kesenian Reyog Kendang lebih terlihat dinamis dan menarik sehingga dapat diterima oleh semua kalangan. Perkembangan bentuk penyajian tersebut sebagai upaya dalam melestarikan, mengembangkan, dan memberdayakan kesenian Reyog Kendang di Kabupaten Tulungagung.


Full Text:

PDF

References


http://www.negerikuindonesia.com/2015/08/reog-kendang-kesenian-tradisional-dari.html. diunduh/20/11/16.14:05

https://id.wikipedia.org/wiki/Reog_Kendang. diunduh/20/10/16.19:26.

https://jv.wikipedia.org/wiki/Reog_Kendang_Tulungagung. diunduh/25/11/16. 20:25.

http://www.tulungagung.go.id/index.php/show/276-parade-reog-kendang-tulungagung. diunduh/28/11/16.20:35.

Sutiyono.2009. Puspawarna Seni Tradisi dalam Perubahan Sosial Budaya.Yogyakarta:Kanwa Publiser.

Sutiyono.2012. Paradigma Pendidikan Seni di Indonesia.Yogyakarta:UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.