PEMBELAJARAN SENI TARI DI LINGKUNGAN PG-TK BUDI MULIA DUA SETURAN YOGYAKARTA

Belika Sosiawati, Sumaryadi Sumaryadi

Abstract


Pada saat ini, sudah banyak lembaga pendidikan anak usia dini yang menerapkan pembelajaran seni tari sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, termasuk pada lembaga pendidikan anak usia dini yang berbasis Islam, meskipun kontradiksi antara Islam dan kesenian masih sering terjadi. Salah satunya adalah PG-TK (Play Group dan Taman Kanak-kanak) Budi Mulia Dua Seturan Yogyakarta, sekolah ini merupakan sekolah berbasis Islam tetapi menerapkan pembelajaran seni tari didalamnya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui sistem dan kebijakan pembelajaran seni tari di sekolah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran seni tari di lingkungan PG-TK Budi Mulia Dua Seturan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah pembelajaran seni tari di lingkungan PG-TK Budi Mulia Dua Seturan Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Karyawan Administrasi, dan Guru Seni Tari. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembelajaran di PG-TK Budi Mulia Dua Seturan secara keseluruhan hampir sama dengan PG-TK lainnya. Kelebihannya adalah pembelajaran seni tari terintegrasi dengan tuntunan Islam, seperti materi pembelajaran yang terdapat tuntunan Islam dan penggunaan kostum yang sopan dan tertutup. Selain itu kebijakan pembelajaran seni tari di sekolah ini adalah pembelajaran seni tari yang disesuaikan dengan tingkat usia dan keamampuan anak serta terdapat nilai edukasi. Dengan demikian pembelajaran seni tari di PG-TK Budi Mulia Dua Seturan berlangsung dengan baik karena didukung oleh komponen-komponen pendukungnya yaitu guru, siswa, lingkungan fisik dan non fisik, kurikulum, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sarana prasarana, dan evaluasi pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi TK dan RA. Dirjen Dikdasmen. Jakarta: Depdiknas.

El Khuluqo, Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pelajar. Pustaka

Fakhrudin, Asef Umar. 2010. Sukses Menjadi Guru TK-PAUD. Yogyakarta: Bening.

Moleong, J Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani, Novi. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media

Nurdin, Syafruddin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Perguruan Budi Mulia Dua.. 2017. Buku Panduan PG-TK Budi Mulia Dua Seturan Yogyakarta. Yogyakarta: Yayasan Budi Mulia Dua.

Purwanto, Setyoadi. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Seni. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Rasyid, Marzuki. 1995. “Pokok- pokok Pikiran Tentang Hukum Islam dan Kesenian”. Makalah Islam dan Kesenian dalam Seminar Nasional, hlm. 215-230.

Siswoyo Dwi, Dkk. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres

Soedarsono. 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.

Rasyid, Harun dkk. 2012. Assesment Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gama Media.

Sugihartono, Dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2013. Panduan PAUD. Jakarta : Gaung Persada Press Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.