NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM TARI NAWUNG SEKAR KARYA ANGELA RETNO NOORYASTUTI

Yuni Dwi Astuti, Enis Niken Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan dalam tari Nawung Sekar karya Angela Retno Nooryastuti. Deskripsi dilakukan dengan melihat keseluruhan dari tari Nawung Sekar.

Peneliti menggunakan metode kualitatif yang berupa kalimat sebagai penjabaran dari proses penelitian, hingga hasil penelitian. Sumber data yang diperoleh dari narasumber ibu Angela Retno Nooryastuti sebagai pencipta tari Nawung Sekar dan bapak Sunardi selaku pencipta iringan tari Nawung Sekar. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pendidikan yang terkandung dalam tari Nawung Sekarterdapat delapan nilai pendidikan yaitu (1) religius, (2) disiplin, (3) kerja keras, (4) mandiri, (5) rasa ingin tahu, (6) semangat kebangsaan, (7) cinta tanah air, (8) kesabaran, (9) tanggung jawab (10) norma, etika, dan kesopanan.


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif (komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu social lainnya). Jakarta: Prenada Media Group.

Herawati, E.N. 2012. Greget Joged Jogja, Manfaat Tari Bagi Pembentukan Pribadi, Yogyakarta.

Kusnadi dkk. 2012. Seni Budaya. Solo. Global.

Pudjasworo, Bambang. 1984. Pengaruh Sistem Budaya Kaum Ningrat Jawa Terhadap Kehidupan Seni Tari Kraton Yogyakarta dalam Laporan Penelitian, Proyek Pengembangan IPTEKS Debdikbud. Yogyakarta.

Sasmintamardawa, R.L. 1983. Tuntunan Pelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Ikatan Keluarga S.M.K.I KONRI.

Soedarsono, 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: ASTI.

___________, RM. 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta. Balai Pustaka.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung, Alfabeta.

___________, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Wahana, Paulus, 2004. Nilai Etika Aksiologis Max Scheler. Yogyakarta Kanisius.

Novijayanti, Dwi Ayu Putri. 2015. Implementasi Penanaman Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 1 Pemalang. Skripsi. Di akses dari http://lib.unnes.ac.id/21329/1/3101411152-S.pdf pada 25 Agustus 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.