Koran dan Strategi Bertahan Hidup Penjual koran Dalam Perkembangan Media Digital (Studi Kasus Penjual Koran di Kota Yogyakarta)

Prima Shinta Supianti

Abstract


Berkurangnya minat terhadap koran cetak didorong salah satunya oleh adanya perkembangan gawai
yang cukup pesat dalam masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada penjual koran di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan koran cetak menuju konvergensi media,
bagaimana potret keberadaan penjual koran dan koran cetak di Kota Yogyakarta, dan juga bagaimana
strategi bertahan hidup penjual koran di tengah laju perkembangan informasi digital. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan perolehan data primer dan sekunder. Informan
dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data
menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan konvergensi media
digunakan sebagaiĀ  salah satu wujud eksistensi dan upaya untuk menarik konsumen berita. Koran
masih cukup diminati walaupun konsumsi koran cenderung melemah dengan maraknya kemunculan
Smartphone dan Social Media. Strategi betahan hidup penjual koran berkenaan dengan Aset,
pengontrolan konsumsi keluarga dan pengeluaran, dan strategi bertahan hidup berkaitan dengan
jaringan sosial.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417