ROSES SOSIALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA SISWA MELALUI SISTEM POIN PELANGGARAN DI SMA N 1 MINGGIR

Farida Iriyani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui proses sosialisasi dalam
upaya menanamkan nilai–nilai karakter pada siswa dan dampak dari penerapan
nilai–nilai karakter melalui sistem poin pelanggaran di SMA N 1 Minggir.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan sumber data terdiri dari
data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive
sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi serta analisis data
menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini
memperlihatkan beberapa temuan bahwa proses sosialisasi dalam upaya dan
dampak menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa melalui sistem poin
pelanggaran di SMA N 1 Minggir : mensosialisasikan nilai kedisiplinan, nilai
tanggung jawab, nilai kejujuran, nilai cinta damai dan kesatuan melalui penerapan
sistem poin pelanggaran dan dampak diantaranya membuat siswa lebih disiplin,
tanggung jawab, jujur, hormat, cinta damai dan persatuan, adanya kejelasan
tertulis tentang pelanggaran siswa, membentuk perilaku siswa yang berkarakter.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417