JARINGAN SOSIAL DALAM KOMUNITAS TOYOTA KIJANG CLUB INDONESIA (TKCI) YOGYAKARTA

Yayi Nastiti

Abstract


Bergabung dalam keanggotaan sebuah komunitas merupakan salah satu cara manusia
untuk menunjukkan keberadaannya. Dalam berkelompok atau dalam komunitas seseorang
dituntut untuk dapat berinteraksi dengan baik dengan sesama anggota kelompok. Kemampuan
untuk beradaptasi akan menentukan eksistensi seseorang di dalam kelompok tersebut juga.
Seperti halnya dalam komunitas Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) Yogyakarta. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami hubungan antar aktor dalam jaringan
sosial yang ada dalam komunitas TKCI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode dan
teknik analisis data SNA (Social Network Analysis) dengan menggunakan software aplikasi
UCINET v.6.0. Instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner, dan menggunakan teknik
purposive sampling kemudian dilanjutkan dengan snowball sampling untuk memilih informan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaringan sosial yang terjalin dalam komunitas TKCI
Yogyakarta ini tergolong lemah. Meski begitu, terdapat kepercayaan yang sama tinggi antar
anggotanya. Hal ini terlihat dalam presentase di aspek orang yang sering minta bantuan dan
aspek sering minta bantuan pada teman yang hampir sama besarnya. Perolehan angka degree
centrality dalam hal mengajak pergi bersama ke kopdar dan nongkrong atau hang out bersama
juga tinggi. Maka hal ini menunjukkan kedekatan antar anggota komunitas dan kesolidan. Tokoh
sentral atau tokoh yang dianggap dekat dengan lainnya dalam komunitas TKCI Yogyakarta dan
juga tokoh yang banyak dirujuk sebagai orang yang disukai dan dipercaya dalam kelompok
adalah Eric

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417