KETERLIBATAN SISWA (STUDENT ENGAGEMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Ikhtarotul Bariyah

Abstract


iswa pada tingkat SMA merupakan usia remaja yang berada pada masa transisi,
sehingga pada masa tersebut kondisi siswa belum stabil dan dapat menimbulkan stress. Hal
tersebut dapat menimbulkan permasalahan dalam pendidikan terutama proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan keterlibatan siswa (student engagement)
dengan prestasi belajar siswa. Analisis dilakukan dengan menggunakan bantuan program
SPSS ver. 20. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara student engagement dan prestasi belajar
sosiologi. Hal ini dibuktikan oleh hasil perhitungan korelasi yang menunjukkan nilai
koefisien korelasi yang diperoleh rxy adalah sebesar 0,425 dan rtabel 0,248 pada taraf
signifikansi 5%, artinya semakin tinggi tingkat keterlibatan siswa (student engagement) maka
semakin tinggi pula prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 1
Pengasih. Berdasarkan koefisien determinasi (r
) sebesar 0,167. Ini berarti 16,7 % prestasi
belajar sosiologi siswa dipengaruhi oleh keterlibatan siswa (student engagement), sedangkan
83,3 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417