Perilaku Konsumtif Pada Produk Replika (Counterfeit Product) sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta

Vinggi Oktaviari

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk mendiskripsikan  perilaku  konsumtif  terhadap  produk  replika
sebagai  gaya  hidup  mahasiswa  UNY,  meliputi  bentuk  perilaku  konsumtif  pada  produk
replika, alasan  yang  melatarbelatarbelakangi  perilaku berlebih  dalam  berkonsumsi  produk
replika  yang  berdampak  pada  lahirnya  gaya  hidup  konsumtif. Kajian  tentang  perilaku
konsumtif pada produk replika di UNY ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Informan  penelitian  dipilih  dengan  menggunakan  teknik  purposive  sampling  dengan
berdasarkan  kriteria  yang  sudah  ditetapkan  sebelumnya.  Selain  menggunakan  teknik
purposive  sampling, peneliti  juga  menggunakan  teknik snowball  sampling untuk  memilih
informan  berdasarkan  rekomendasi  dari  informan  sebelumnya.  Teknik  pengumpulan  data
dilakukan  dengan  cara  observasi  dan  wawancara.  Validitas  dan  reliabilitas  data  pada
penelitian  ini  diperkuat  dengan  triangulasi  data.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa
bentuk  perilaku  yang  ditunjukkan  mahasiswa  dalam  berkonsumsi  adalah  sadar  dan
mengetahui  tentang  produk  replika  yang  dibelinya.  Alasan  mahasiswa  lebih  memilih
konsumtif  pada  produk  replika  karena  adanya  apresiasi  dan  penghargaan  dalam
berpenampilan dari mahasiswa lain. Mayoritas informan menyampaikan faktor yang berperan
dominan dalam melakukan konsumsi ialah teman sebaya dimana pergaulan saat ini menuntut
mahasiswa  untuk  selalu  bisa  mengikuti  trend  yang  tengah  berkembang  melalui  interaksi
dengan teman sebaya. Dengan mengikuti arus fashion dan trend yang berkembang, seorang
mahasiswa  dianggap  mampu  meningkatkan  citra  diri  yang  menjadi  identitas  bagi  dirinya
dimana  hal  ini  akan  berdampak pada  tingkat  kepercayaan  diri  dan  mampu  merefleksikan
status sosialnya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417