JOGJA DIGITAL VALLEY DAN BUDAYA DIGITAL (STUDI PADA INDUSTRI KREATIF DIGITAL DI YOGYAKARTA)

Prima RatihTanjungsari

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  mengenai keterkaitan  antara  pembangunan  Jogja
Digital Valley dengan budaya digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Informan
penelitian  dipilih  menggunakan  teknik purposive  sampling berdasarkan  kriteria  yaitu  pelaku  industri
kreatif  digital  di  Yogyakarta  yang  menjadi  anggota  Jogja  Digital  Valley.Teknik  validitas  data  dalam
penelitian  ini  menggunakan  teknik  triangulasi  sumber.  Teknik  analisis  data  dalam  penelitian  ini
menggunakan  analisis  data  kualitatif  dengan  model  interaktif  Miles  dan  Huberman. Hasil  penelitian
menunjukkan  bahwa  Jogja  Digital  Valley  (JDV)  merupakan  sebuah Creative  Centre  untuk
pengembangan  ide  kreatif  dan  inovatif  berbasis  aplikasi  digital.  Pembangunan  JDV  berfungsi  sebagai
ruang  kerja  bersama (co-working  space) dan  inkubator  bisnis  digital.  JDV  memudahkan  masyarakat
untuk berinteraksi dalam bidang digital sehingga dan menjadi trend positif bagi perkembangan digital di
Yogyakarta. JDV berupaya untuk mendorong dan mengarahkan industri digital, budaya digital dan gaya
hidup  digital.  Peran  JDV  dalam  mendorong  pengembanganbudaya  digital  yaitu  sebagai role  model
digitalisasi.  Pembangunan  JDV  bertujuan  agar  masyarakat  dapat  meningkatkan  kualitas  hidup  dengan
pemanfaatan  teknologi digital sehingga dapat  melakukan  kegiatan  produktif  berbasis  teknologi yang
bermuara pada peningkatan kesejahteraan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417