PERAN KELOMPOK PERPUS JALANAN PURBALINGGA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI WILAYAH ALUNALUN PURBALINGGA

Bagas Martopo, Poerwanti Hadi Pratiwi

Abstract


Kelompok Perpus Jalanan Purbalingga merupakan kelompok sosial yang dibentuk sebagai upaya memberikan rekreasi alternatif dalam segmentasi edukasi di wilayah Alun-alun Purbalingga sebagai ruang terbuka publik.. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran Kelompok Perpus Jalanan Purbalingga menggunakan pendekatan kualitatif, dijabarkan secara deskriptif dengan sumber-sumber data yang berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi dan menggunakan analisis interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Kelompok Perpus Jalanan adalah menyampaikan informasi dan publikasi, menggelar lapak buku rutin, mengadakan kegiatan diskusi dan kolaborasi. Terdapat beberapa faktor yang menjadi pendorong maupun penghambat dalam menjalankan peran-perannya tersebut. Faktor yang menjadi pendorong adalah eksistensi literasi Perpus Jalanan Purbalingga melalui koleksi buku bacaan yang dimiliki, jaringan media sosial dan solidaritas, dan dukungan masyarakat dalam bentuk kolaborasi. Adapun faktor yang menghambat kelompok adalah keterbatasan fasilitas dan pendanaan perpustakaan, cuaca, dan kesulitan regenerasi penggiat Perpus Jalanan Purbalingga.

Keywords


Peran Kelompok, Perpus Jalanan Purbalingga, Minat Baca

Full Text:

PDF

References


Ritzer, George & Douglass J. Goodman. (2010). Teori Sosiologi: Dari Teori Klasik sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Post Modern. Bantul : Kreasi Wacana Offset.

Soekanto, Soerjono. (1989). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

______________. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Abdulsyani. (2002). Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka Witherington. (1983). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru.

Sutarno, N. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Satori, D dan Komariah, A. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&. Bandung: Alfabeta.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Erlangga.

Aprilia, Nuansa Hayu. (2016). Upaya Peningkatan Minat dan Budaya baca Anak Jalanan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta

Lestari, D., & Subekti, S. (2019). PERAN PERPUSTAKAAN JALANAN SEMARANG TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 431- 440.

Kurniawati, R. D., & Prajarto, N. (2007).PERANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT: Survei pada Perpustakaan Umum Kotamadya Jakarta Selatan= THE ROLE OF THE LIBRARY IN IMPROVING THE READING HABIT OF SOCIETY: Survey at public library of South Jakarta district. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(7).

Utomo, S. P., & Hermintoyo, H. (2017). PERAN PERPUSTAKAAN YAYASAN SETARA DALAM MEMBINA MINAT BACA DAN KEMAMPUAN BACA ANAK JALANAN. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 411- 420.

Irham, A. M. (2018). PRAKTIK– PRAKTIK KULTURAL DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA BACA PADA PERPUSTAKAAN KOMUNITAS “PERPUSTAKAAN JALANAN” DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Aisyah Putri, P., & Muhibbin, A. (2019). Komunikasi Interpersonal Pegiat Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo dengan Pengunjung Car Free Day dalam Membangun Budaya L iterasi di Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Bahri, S. (2016). Perspektif Teori Struktural Fungsionalisme tentang Ketahanan Sistem Pendidikan Pesantren. MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 40(1).

Mauliansyah, F. (2016). THE SOCIAL AND POLITICAL ASPECTS OF NEW MEDIA (Menelusuri Jejak Kesadaran dan Tindakan Kolektif Massa). SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2).

Rahadian, G., Rohanda, R., & Anwar, R. K. (2014). Peranan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan budaya gemar membaca. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 2(1), 47-56.

Saleh, A. R. (2006). Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kegemaran Membaca dan Menulis Masyarakat. Jurnal Pustakawan Indonesia, 6(1), 46-49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417