MANAJEMEN ORGANISASI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS ANGGOTA (STUDI PADA ORGANISASI: IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DI DIY)

Fatkhurohmah Fatkhurohmah, Poerwanti Hadi Pratiwi, Aris Martiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran manajemen organisasi IPM dalam
membangun loyalitas anggota organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan model Miles dan Hubberman. Hasil yang
diperoleh dari penelitian ini yaitu peran manajemen organisasi IPM adalah (1) manajemen perkaderan
yang ada di IPM mampu membangun loyalitas anggota dengan memperkuat pemahaman ideologi,
gerakan organisasi sehingga menciptakan kader yang bersedia mengabdi terhadap organisasi, (2)
manajemen organisasi dan kepemimpinan membentuk organisasi yang baik sehingga : a) memberikan
mekanisme yang jelas sehingga anggota dapat menjalankan tugas sesuai dengan tujuan organisasi, b)
membentuk lingkungan organisasi yang mendukung anggota untuk setia terhadap organisasi, c)
memberikan ruang bagi anggota untuk mengambil peran dalam organisasi tanpa mempertimbangkan
jabatannya, (3) membentuk sistem gerakan dan aksi yang menjadi wadah bagi individu untuk
mewujudkan tujuan bersama, (4) membangun jaringan dan aktivitas organisasi sebagai modal sosial
dengan cara : a) melalui kegiatan pelaksanaan program kerja membangun jaringan sosial bagi
organisasi dan individu, b) melalui kegiatan perkaderan menanamkan nilai-nilai organisasi ke dalam
diri anggota.

Kata Kunci : Manajemen, Organisasi, IPM, Loyalitas Anggota.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417