PERAN PROGRAM SELAMAT PAGI PADA YAYASAN KAMPUNG HALAMAN BAGI REMAJA DI YOGYAKARTA

Widi Astuti, Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
Poerwanti Hadi Pratiwi, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran program Selamat Pagi pada Yayasan Kampung Halaman bagi remaja di Yogyakarta, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam program Selamat Pagi, serta dampak dari program Selamat Pagi bagi remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian berjumlah 7 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi dengan sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman. Dalam penelitian ini, remaja yang berdaya adalah remaja yang sudah mengenali dirinya sendiri, mengenali potensinya dan mempunyai skill atau pengalaman untuk kemudian dapat dibagikan kepada orang lain sehingga orang lain memperoleh manfaat dari remaja tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran program Selamat Pagi bagi remaja adalah sebagai inisiator, fasilitator, dan evaluator. Faktor pendukung pada program meliputi SDM yang berkompeten, partisipasi remaja yang tinggi, publikasi dan dukungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya miskomunikasi. Dampak dari program mencakup dampak internal dan dampak eksternal. Dampak internal meliputi menambah kepercayaan diri remaja, menambah relasi remaja dan menambah wawasan. Sedangkan dampak eksternal meliputi perubahan cara pandang masyarakat dan adanya perputaran ekonomi di lingkungan masyarakat. Kata Kunci : Pemberdayaan Remaja, Program Selamat Pagi, Peran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran program Selamat Pagi
pada Yayasan Kampung Halaman bagi remaja di Yogyakarta, faktor pendukung dan
faktor penghambat dalam program Selamat Pagi, serta dampak dari program Selamat
Pagi bagi remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Informan penelitian berjumlah 7 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara
observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan
adalah teknik triangulasi dengan sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman. Dalam penelitian ini,
remaja yang berdaya adalah remaja yang sudah mengenali dirinya sendiri, mengenali
potensinya dan mempunyai skill atau pengalaman untuk kemudian dapat dibagikan
kepada orang lain sehingga orang lain memperoleh manfaat dari remaja tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran program Selamat Pagi bagi remaja adalah
sebagai inisiator, fasilitator, dan evaluator. Faktor pendukung pada program meliputi
SDM yang berkompeten, partisipasi remaja yang tinggi, publikasi dan dukungan
masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya miskomunikasi.
Dampak dari program mencakup dampak internal dan dampak eksternal. Dampak
internal meliputi menambah kepercayaan diri remaja, menambah relasi remaja dan
menambah wawasan. Sedangkan dampak eksternal meliputi perubahan cara pandang
masyarakat dan adanya perputaran ekonomi di lingkungan masyarakat.

Kata Kunci : Pemberdayaan Remaja, Program Selamat Pagi, Peran



DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v8i1.15680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417