Strategi Pengasuhan Remaja oleh Buruh Pabrik Wanita dalam Upaya Pencegahan Perilaku Menyimpang

Tri Agustina, Poerwanti Hadi Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh buruh pabrik wanita, faktor penghambat dalam   pengasuhan, serta strategi pengasuhan remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif yang meliputi pengumpulan  data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh remaja yang diterapkan oleh para buruh pabrik wanita di PT Surya Mandiri Jaya Sakti yaitu pola asuh otoriter, permisif, demokratis, dan situasional. Faktor penghambat dalam pengasuhan remaja terdiri dari faktor internal dan eksternal. Strategi pengasuhan yang digunakan dalam mendidik anak
remajanya agar terhindar dari perilaku menyimpang yaitu menerapkan sikap disiplindan tegas terhadap anak, melakukan pengecekan terhadap handphone anak, membatasi waktu bermain anak, menyekolahkan anak ke pondok pesantren, memiliki nomer handphone teman-teman anak, melakukan pemantauan terhadap kegiatan anak, dan menasehati serta mengarahkan anak.

Kata Kunci: Strategi pengasuhan, Buruh Pabrik Wanita, Perilaku Menyimpang

Full Text:

Download PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417