MODEL PEMBERDAYAAN LINGKUNGAN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI DAUR ULANG SAMPAH DI KAMPUNG WISATA LINGKUNGAN SUKUNAN

Hafinda Nisa Abida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Tahapan pemberdayaan lingkungan melalui daur ulang sampah, (2) Tahapan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui daur ulang sampah, (3)
Keberhasilan pemberdayaan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui daur ulang sampah, (4) Faktor pendukung keberhasilan pemberdayaan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi
masyarakat melalui daur ulang sampah, (5) Faktor penghambat keberhasilan pemberdayaan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui daur ulang sampah di Kampung Wisata Lingkungan Sukunan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek Ketua Seksi Lingkungan
dan kebersihan RW 19 Sukunan, Ketua RW Sukunan, dan pengurus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Tahapan pemberdayaan lingkungan
melalui daur ulang sampah, yaitu tahapan penyadaran, sosialisasi, pemberian pengetahuan, pemberian keterampilan dasar, dan pengembangan diri. (2) Tahapan pemberdayaan ekonomi melalui daur ulang sampah, yaitu tahapan kesadaran masyarakat, pemberian pelatihan kerajinan sampah, dan pengembangan diri. (3) Keberhasilan pemberdayaan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi melalui daur ulang sampah ditunjukkan dengan kemampuan dalam mengambil keputusan, kemandirian, kemampuan memanfaatkan usaha. (4) Faktor pendukung keberhasilan pemberdayaan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi melalui daur ulang sampah, yaitu pengurus yang solid dan aktif, warga secara sukarela mengikuti pemberdayaan, dukungan donatur, fasilitas memadai, pengunjung turis domestik dan mancanegara, produk berbahan sampah layak jual dan menambah penghasilan, adanya jejaring desa wisata. (5) Faktor penghambat keberhasilan pemberdayaan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi melalui daur ulang sampah, yaitu ada warga yang tidak memilah sampah, pemberdayaan ekonomi belum mendapat dukungan maksimal dari masyarakat, pemasaran beberapa produk kerajinan sampah kurang maksimal.

Kata Kunci: Daur Ulang Sampah, Pemberdayaan lingkungan, Pemberdayaan Ekonomi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com