PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROGRAM LECTORA DENGAN MATERI PENDISTRIBUSIAN KEMBALI (REDISTRIBUSI) PENDAPATAN NASIONAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Yudhi Vipra Baskara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) cara mengembangkan media pembelajaran berbasis Lectora dengan materi pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional untuk siswa SMP kelas VIII; 2) kelayakan mengembangkan media pembelajaran berbasis Lectora dengan materi pendistribusian kembali pendapatan nasional untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono yang disederhanakan sehingga tidak sampai pada tahapan produksi produk secara masal. Penelitian ini mengembangkan produk media pembelajaran yang menggunakan program Lectora. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa SMP Negeri 1 Sale kelas VIII. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa lembar penilaian untuk validator ahli media, ahli materi, praktisi pembelajaran IPS serta kuisioner untuk melihat tanggapan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) tahap pengembangan media pembelajaran menggunakan program Lectora pada materi pendistribusian kembali pendapatan nasional untuk siswa SMP kelas VIII meliputi, pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, serta penilaian; 2) kelayakan media pembelajaran menggunakan program Lectora pada materi pendistribusian kembali pendapatan nasional untuk siswa SMP kelas VIII diperoleh berdasarkan, a) hasil validasi ahli media dengan skor 3,9 atau kategori “baik”, b) hasil validasi ahli materi dengan skor 4,05 atau kategori “baik”, c) hasil validasi praktisi pembelajaran IPS dengan skor 4,2 atau kategori “baik”, d) hasil tanggapan siswa dengan rata-rata 3,9 atau kategori “baik”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran menggunakan program Lectora pada materi pendistribusian kembali pendapatan nasional untuk siswa SMP kelas VIII sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Bayu, D.J. (2016). Penggunaan TIK dalam Pendidikan Indonesia Masih Rendah. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2016/11/25/23522781/muhadjir.penggunaan.tik.dalam.pendidikan.indonesia.masih.rendah. Tanggal 13 September 2019 pukul 17.34 WIB.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, N & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Saliman, Widiastuti, A & Wulandari, T. (2013). Persepsi dan Sikap Mahasiswa Terhadap Pendidikan Karakter di Prodi Pendidikan IPS UNY. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial No 2. Vol 10. Hal 139-146. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/view/5350 tanggal 21 September 2019 pukul 17.48 WIB.

Saliman, Supardi & Widiastuti, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Audiovisual. JIPSINDO. No 1. Vol 2. Hal. 1-21.

Sapriya. (2011). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, (2014). Pendidikan multikultural untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah dasar, Jipsindo, 1(1), 1-19.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Supardi & Widiastuti, A. (2014). Pemanfaatan Laboratorium IPS. JIPSINDO.No. 2, Vol. 1. Hal. 141-160.

Suparmini, Sudrajat & Wibowo, S. (2015). Strategi Cooperatif Learning Sebagai Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS di SMP. JIPSINDO. No 2. Vol. 2. Hal. 120-142.

Sutirman. (2013). Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu..

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Bumi Aksara.

Triyanto, E. dkk. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan. No. 1. Vol. 2. Hal. 226-238.

Turmuzi, A. (2011). Permasalahan Pembelajaran Ips Terpadu. Diakses dari https://www.kompasiana.com/ahmadturmuzi/55090335813311961cb1e33d/permasalahan-pembelajaran-ips-terpadu. Tanggal 13 September 2019 pukul 15.30 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com