PEMANFAATAN GOA PETRUK SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 AYAH

Tri Nopia Jermani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pemanfaatan Goa Petruk sebagai sumber belajar IPS, (2) Faktor pendukung dalam pemanfaatan Goa Petruk sebagai sumber belajar IPS, (3) Faktor Penghambat dalam pemanfaatan Goa Petruk sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naturalistik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga Juni 2019. Subjek penelitian ini berjumlah tujuh orang yakni Guru IPS SMP Negeri 1 Ayah, Pengelola Goa Petruk, dan lima orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan Goa Petruk sebagai sumber belajar IPS oleh guru di SMP Negeri 1 Ayah menggunakan strategi survey dan field trip. Goa Petruk merupakan lingkungan yang cocok dijadikan sumber belajar IPS karena semua ilmu IPS seperti geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi dapat dikaji di Goa Petruk, (2) Faktor yang mendukung pemanfaatan Goa Petruk sebagai sumber belajar IPS yakni dukungan dari Guru IPS, Sekolah, Pengelola Goa Petruk, siswa, dan lingkungan Goa Petruk sendiri, (3) Faktor yang menghambat yakni kesesuaian dengan waktu/jadwal, biaya, dan keterjangkauan lokasi.

 

Kata Kunci: Pemanfaatan, Goa Petruk, Sumber Belajar, IPS


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Haryono, E & Adji, T.N. 2017. Geomorfologi dan Hidrologi Karst. Yogyakarta: UGM

Kebumenekspres. (2017, 3 Juli). Tingkat Kunjungan Masing-masing Obwis di Kebumen masih timpang. Diperoleh 17 Desember 2018 pukul: 07.50 dari http://www.kebumenekspres.com/2017/07/tingkat-kunjungan-masing-masing-obwis.html

Milhani, Y. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 15 Yogyakarta. JIPSINDO, Vol. 4, No 2: 107.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Saliman & Widiastuti, A. (2016). Perbedaan Kesiapan Guru IPS SMP Kabupaten Sleman dalam Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kurikulum 2013. JIPSINDO, Vol. 3, No 2:104.

Sudarsono, A. (2013). Kajian Kualitas Air Tanah di Kecamatan Piyungan dan Banguntapan Kabupaten Bantul. Yogyakarta: Geografi FIS UNY. Diunduh pada tanggal 16 Juni 2019 dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Drs.%20Agus%20Sudarsono/Kajian%20Kualitas%20Air%20Tanah%20Di%20Kecamatan%20Piyungan%20dan%20Banguntapan.pdf

Sudjana, N & Rivai, A. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.

Sudrajat. (2014). Pendidikan Multikultural untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. JIPSINDO, Vol.1, No 1:10.

Supardi. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Supardi & Widiastuti. (2014). Pemanfaatan Laboratorium IPS SMP. JIPSINDO, Vol. 1, No 2:142

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widiastuti, Anik. (2012). Kompetensi Mengajar Guru IPS SMP di Kabupaten Sleman. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 1, No. 1:96.

Wijayanti, Fahma & Solihin, D.D. (2010). Pengaruh Fisik Goa Terhadap Struktur Komunitas Kelelawar Pada Beberapa Goa Karst Di Gombong Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Jurnal Biologi Lingkungan, Vol. 4. No. 2: 108.

Wijayanti, A.T & Laely, A. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD PB Soedirman, SD N Dukuh 09 Pagi, SD N Susukan 06). JIPSINDO, Vol. 1, No 1. 24

Wulandari, T & Wijayanti, A.T. (2016). Persepsi Peserta Didik Tentang Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS di SMP Se-Kecamatan Kretek Bantul. JIPSINDO, Vol. 3, No. 1: 88.

Sudrajat, Saliman, Supardi (2022), The evaluation of the programs of gender-responsive school in Yogyakarta, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 26(1), 87-97, DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v26i1.47886.

Mujadidi, S; & Sudrajat (2022), The Discipline Character Building in MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, International Conference of Learning on Advance Education (ICOLAE 2021), 795-799.

Sudrajat (2021), Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama, Jipsindo, 8(2), 150-164, DOI; DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com