PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DENGAN MATERI INTERAKSI ANTARNEGARA-NEGARA ASEAN UNTUK MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII

Sunarasri Retno W

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan media pembelajaran komik dengan materi interaksi antarnegara-negara ASEAN untuk mata pelajaran IPS kelas VIII yang dikembangkan. Kelayakan tersebut diketahui berdasarkan validasi dari ahli materi dan ahli media penilaian dan tanggapan dari guru IPS, serta tanggapan peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu model pengembangan Borg & Gall. Subjek uji coba penelitian terdiri dari 6 dan 30 peserta didik kelas VIII SMP N 2 Banguntapan, Bantul dengan subjek penelitian Komik ASEAN yang telah dikembangkan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket lembar validasi untuk ahli materi dan media, angket lembar penilaian untuk guru IPS, dan angket lembar uji coba untuk peserta didik. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan apabila Komik ASEAN yang dikembangkan dengan materi interaksi antarnegara-negara ASEAN untuk mata pelajaran IPS kelas VIII layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini karena perolehan rerata persentase keseluruhan masuk ke dalam kategori sangat baik. Komik ASEAN memenuhi persyaratan media pembelajaran yang baik dilihat dari aspek materi, media, dan pembelajaran. Pembahasan komik sudah teruji kebenarannya, bersifat faktual, dan sesuai dengan materi interaksi antarnegara-negara ASEAN melalui pembahasan kabut asap di Indonesia, reklamasi di Singapura, buruh migran serta kemajuan transportasi di ASEAN. Komik ASEAN mudah dipahami dan menarik peserta didik untuk membacanya. Komik ASEAN layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan Komik ASEAN dapat menambah variasi penggunaan media pembelajaran serta mempermudah guru mengajar dan mempermudah peserta didik dalam belajar.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research an introduction (4th ed). New York: Longman.

Daryanto. (2016). Media pembelajaran peran-annya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Maharsi, I. (2011). Komik: Dunia kreaktif tanpa batas. Yogyakarta: Kata Buku.

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran akutansi keuangan melalui media komik untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 12(1), 68-76.

Milhani, Y. (2017). Keefektifan pembelajaran student teams achievement division dalam pembelajaran IPS di SMP N 15 Yogyakarta. JIPSINDO, 4(2), 101-128.

Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: GP Press Group.

Novianti, R. D. & Syaichudin, M. (2010). Pengembangan media pembelajaran komik matematika untuk meningkatkan pemahaman bentuk soal cerita bab pecahan pada peserta didik kelas V SDN Ngembung. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 67-81.

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan. Jakarta: Pustekkom.

Riduwan. (2013). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rohani, A. (1997). Media instruksional edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Siswoyo, dkk. (2013). Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Siyahailatua, S. E. D. (7 April 2019). Baca komik tingkatkan intelektual pembaca simak penelitiannya. Diunduh pada tanggal 7 November 2019 dari https://gaya.tempo.co/ read/1193178/baca-komik-tingkatkan-intel ektual-pembaca-simak-penelitiannya.

Soedarso, N. (2015). Komik: Karya sastra bergambar. Humaniora, 6(4), 496-506.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2017). Media pengajaran penggunaan dan pem-buatannya. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudrajat. (2014). Pendidikan multikultural untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. JIPSINDO, 1(1), 1-19.

Sudrajat, Puntaswari, Sulistyosari, Astuti, (2019). PRIBUMISASI ILMU-ILMU SOSIAL DAN PEMBARUAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH, Jipsindo, 7(1)

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi, Widiastuti, A., & Saliman. (2015). Pengembangan media pembelajaran IPS terpadu berbasis audiovisual. JIPSINDO, 2(1), 1-21.

Widiastuti, A. & Wibowo, S. (2012). Studi eksplorasi persepsi guru SMP kabupaten Sleman terhadap IPS terpadu. ISTORIA, 2, 74-8.

Wulandari, T. & Wijayanti, A. (2016). Persepsi peserta didik tentang implementasi pendidikan saintifik dalam pembelajaran IPS di SMP se-Kecamatan Kretek, Bantul. JIPSINDO, 1(3), 78-100


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com