PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGELOLAAN B ADAN USAHA MILIK DESA (B UMDES) DI DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KAB UPATEN KLATEN

Siska Katiya Santi, Taat Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran modal sosial yang menjadi kekuatan penggerak untuk mempertahankan keberadaan dan perkembangan dalam pengelolaan BUMDes Tirta Mandiri. Modal sosial memegang peran penting dalam memfungsikan dan memperkuat masyarakat moderen. Hal terpenting yang harus di sadari adalah bagaimana membangun modal sosial.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di kantor BUMDes Tirta Mandiri yang terletak di Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Subyek penelitian ini adalah pengelola BUMDes Tirta Mandiri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Validitas data diperoleh menggunakan triangulasi teknik dengan cara membandingkan data. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan adanya unsur modal sosial berupa jaringan, kepercayaan dan
norma yang berperan dalam pengelolan BUMDes Tirta Mandiri. Hasil penelitian diimplementasikan untuk (1) meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan menerapkan transparansi anggaran yang akuntabel, (2) meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan meningkatkan kualitas pendidikan formal dan informal yang berdampak pada kontribusi pembangunan untuk kemkamuran masyarakat desa Ponggok, (3) meningkatkan pengembangan teknologi informasi dengan membuat sistem informasi desa secara online melalui pembuatan blog, (4) membangun infrastruktur desa Ponggok, (5) mengembangkan potensi desa Ponggok, dan (6) meningkatkan kesadaran lingkungan.

Kata Kunci: Peran Modal Sosial, PengelolaanBUMDesTirtaMandiri


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com