KONTRIBUSI KELOMPOK PENGRAJIN BATIK TERHADAPAT PELESTARIAN BUDAYA BATIK DI GIRILOYO DESA WUKIRSARI

Muhammad Affan, Nasiwan Nasiwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan proses terbentuknya kelompok-kelompok pengrajin batik di Giriloyo, (2) untuk menjelaskan kontribusi kelompok pengrajin batik terhadap pelestarian budaya batik di Giriloyo, dan (3) menjelaskan dampak adanya usaha pelestarian budaya batik di Giriloyo

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian dilakukan di Giriloyo Desa Wukirsari. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara. Instrumen atau alat dari penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Validitas pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan konsep analisis Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelompok pengrajin batik terbentuk bermula dari para pengrajin memiliki kebiasaan untuk membatik bekerja untuk juaragan batik, kemudian pada tahun 2006 terjadi gempa bumi yang melumpuhkan ekonomi masyarakat. Adanya gempa bumi mendapat perhatian dari lembaga masarakat untuk membatu kondisi masyarakat giriloyo melalui pelatihan membatik dan menejemen pengelolaan usaha bersama. Setelah itu muncul ide dari Zuyyinah, Wakhidah, Jazir Hamid, Imaroh, Muqoyaroh, dan Nur Ahmadi untuk memulihkan kondisi ekonomi melalui kegiatan bersama yang pada akhirnya membetuk kelompok. (2) Kontribusi kelompok pengrajin batik Giriloyo dalam mewujudkan upaya pelestarian batik sesuai dengan UU No 11 tahun 2010 tentang cagar budaya dilakukan dengan tiga bentuk, yaitu: perlindungan (produksi batik, mempertahankan motif tradisional atau klasik, kerjasama kelompok, membentuk paguyuban dan mengantisipasi batik cina); pengembangan (membangun serta memperbaiki infrastruktur, membuat batik dengan kreasi dan motif baru); dan pemanfaatan (mengenalkan dan mengajarkan batik dalam paket wisata). (3) Dampak dari danya usaha pelestarian tersebut adalah dengan meningkatnya jumlah pengunjung dan jumlah penjualan batik, semakin meningkatnya sarana pendukung produksi batik, dan meningkatnya pendapatan anggota kelompok pengrajin batik.

 

Kata Kunci: kontribusi, pelestarian batik, kelompok pengrajin batik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com