Sumbangan Hasil Belajar Kewirausahaan Dan Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Pajangan Tahun Ajaran 2017/2018

Mustholih Mustholih, Drs. Sutarto, M.Sc., Ph.D.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar hasil belajar kewirausahaan, hasil belajar praktik kerja industri dan minat berwirausaha siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Pajangan tahun ajaran 2017/2018, (2) mengetahui sumbangan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa, (3) mengetahui sumbangan hasil belajar praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa, (4) mengetahui sumbangan hasil belajar kewirausahaan dan praktik kerja industri secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa.

Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dengan Hasil belajar Kewirausahaan (X1) dan Hasil belajar Praktik Kerja Industri (X2) sebagai variabel bebas serta Minat Berwirausaha Siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian sebanyak 62 siswa dan sampel sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresional dengan pendekatan kuantitatif.

Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Hasil belajar kewirausahaan siswa berada dalam kategori baik dengan nilai rerata sebesar 77,6 dengan capaian 98%. Hasil belajar praktik kerja industri siswa berada dalam kategori sangat baik dengan nilai rerata sebesar 84,6 dengan capaian 60%. Minat berwirausaha siswa berada dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rerata sebesar 80,3 dengan capaian 96%. (2) Hasil belajar kewirausahaan siswa tidak memiliki sumbangan yang signifikan terhadap minat berwirausaha siswa dengan perolehan thitung< ttabel (1,524 < 2,011) pada taraf signifikansi 5% dan nilai probabilitas (p) sebesar 0,134 > 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 4,6% (3) Hasil belajar praktik kerja industri siswa memiliki sumbangan positif yang signifikan terhadap minat berwirausaha siswa dengan perolehan thitung> ttabel (5,002 < 2,011) pada taraf signifikansi 5% dan nilai probabilitas (p) sebesar 0,134 > 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 34,3% (4) Hasil belajar kewirausahaan dan praktik kerja industri siswa secara bersama-sama memiliki sumbangan positif yang signifikan terhadap minat berwirausaha siswa dengan perolehan Fhitung > Ftabel (14,572 > 3,20) pada taraf signifikansi 5%, nilai probabilitas (p) sebesar 0,000 < 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 38,9%.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Mun’im.(2003). Hubungan Prestasi Belajar Program Diklat Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Samarinda. Jurnal Penelitian.

Badan Pusat Statistik. (2015) Survei Angkatan Kerja Nasional. Diakses pada 10 November 2016 Jam 11.30 WIB dari http://microdata.bps.go.id.

Bayu Aji. (2011). Hubungan Prestasi Praktik Kerja Industri Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Dengan MinatBerwirausaha Siswa Kelas XII Jurusan Otomotif SMK Perindustrian Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi:UNY.

Depdiknas (2003),Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dikmenjur. (2013). Pedoman Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Depdiknas.

Eka Dharma, (2002). Korelasi Antara Aspek Internal Dengan Minat Berwiraswasta Siswa SMK Negeri 26 Pembangunan Rawamangun Jakarta. Skripsi. UNY.

Emilda Jusmin. (2012). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik Di Unit Produksi Sekolah, dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Di Kabupaten Tanah Bumbu. JPTK. UNY.

Haryo Guntoro, (1997). Hubungan Prestasi Kerja Praktik Industri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas II Teknik Otomotif SMK Yapin Bekasi Tahun Ajaran 2006/2007. Hasil Penelitian UNES. Semarang.

Hendro, (2005). How To Became a Smart Enterpreneur and To Start a New Bussiness. Yogyakarta : Andi Offset.

M Ngalim Purwanto, (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

M Wena. (1996). Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Tarsito.

Mc Clelland, David. (1995). Memacu Masyarakat Berprestasi. Jakarta: Intermedia.

Rochman Natawidjaja, (1979). Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT. ABADI.

S Suryabrata. (1998). Metodologi penelitian. Jakarta : Rajawali.

Sirod Hantoro, (2005). Kiat Sukses Berwirausaha. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.

Siti Nurbaya. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Berwirausaha Siswa SMKN Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. JPTK. UNY.

Slamet Waljito, (1988). Hubungan Antara Pengetahuan Kewiraswataan, Motivasi Berwiraswasta Dan Sikap Mandiri Dengan Minat Berwiraswasta pada siswa Jurusan Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Muhamadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi.IKIP YOGYAKARTA.

Sudjana. (2001). Metode Statistika. Bandung:Tarsito.

Sugiyono, (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta : Andi Offset.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.

Tim TAS FT UNY. (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.