Evaluasi Kinerja Guru Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan dan Konstruksi Batu Beton Di SMK Negeri 1 Seyegan

Zulraihan Muhamad Hasan, Drs. Suyitno Hadi Putro, M.T.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) baik tidaknya kinerja guru program keahlian teknik gambar bangunan serta teknik konstruksi batu beton dengan melaksanakan tugas pokok sebagai guru; (2) baik tidaknya kinerja guru program keahlian teknik gambar bangunan serta teknik konstruksi batu beton dengan melaksanakan tugas tambahan sebagai guru, (3) baik tidaknya kinerja guru program keahlian teknik gambar bangunan serta teknik konstruksi batu beton dengan melaksanakan tugas pendukung sebagai guru.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Teknik Gambar Bangunan dan Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Seyegan, dengan jumlah 40 orang guru dan sampel 31 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kinerja guru sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengambil data prestasi siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) kinerja guru dalam melaksanakan tugas pokok termasuk dalam kategori sangat tinggi; (2) Kinerja guru dalam melaksanakan tugas tambahan termasuk dalam kategori sangat rendah; (3) Kinerja guru dalam melaksanakan tugas pendukung termasuk dalam kategori sangat tinggi.

Full Text:

PDF

References


Akbar. (2003). Reformasi Pendidikan Nasional. Magelang: Indonesia Tera.

Ali Mudlofir. (2012). Pendidik Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Alma, Buchari. (2010). Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Cooper, P., & McIntyre, D. (1996). Effective Teaching and Learning Teachers and Student Perspective. Oxfordshire: Marston Lindsay Ross International Ltd.

Depdikbud. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dessler, Garry. (1997). Manajemen Personalia Teknik dan Konsep Modern. Jakarta: Erlangga.

Djamarah, Bahri, & Syaiful. (2000). Guru Dan Anak Didik Dlam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Dwi Junianto. (2015). “Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Keterlibatan Orang Tua, Aktualisasi terhadap Motivasi berprestasi”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 22, No.3, Hal 262-273.

Glickman, P. D. (2002). Leadership for Learning How To Help Techer Succeed. Alexandria: ASDC.

Hamalik, O. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Handoko, Hani. (1997). Manajemen BPFE. Yogyakarta: Sinar Grafika

Ibnu Hadjar. (1996). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kyriacou, C. (2009). Effective Teching inSchool Theory and Practice (3rded). Cheltelham: Nelson Thornes Ltd.

Leighbody, & Kidd. (1968). Methode of Teaching Shop and Technical Subject. New York : Delmar Publisher.

Marzano, R. J. (2007). The Art and Science of Teaching. Alexandria: ASDC.

Mulyana A.Z. (2010). Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: Grasindo.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya Offset.

Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Rosdakarya Offset.

Nasution S. (1995). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, Muhammad. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prawirosentono, Suyadi. (1999). Kebijakan Kinerja Karyawan. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Sanusi, Achmad. (1991). Studi Pengembangan Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: IKIP Bandung.

Sri Setiyati. (2014). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 22, No.2, Hal 200-207.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suwandi. (2016). “Analisis Studi Kebijakan Pengelolaan Guru SMK Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 23, No.1, Hal 90-100.

Usman, M. U. (2013). Menjadi Guru Profesional (2nded). Bandung: Remaja Rasdakarya.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.