Penerapan Metode Pembelajaran Joyfull Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Ukur Tanah Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah Pakem Tahun Ajaran 2016/2017

Widya Prabantara Aziz, Dr. Ir. Sunar Rochmadi, M.E.S.

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran Joyfull Learning untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah pada program Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2016/2017. (2) mengetahui pengaruh metode pembelajaran Joyfull Learning terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian yaitu 23 siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktifitas siswa. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan: (1) penerapan metode Joyfull Learning untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2016/2017 sebagai berikut: (a) pembukaan, (b) game (c) memberikan penjelasan (d) melakukan demonstrasi (e) meminta siswa mempraktikkan demonstrasi, (f) memberikan humor (g) meminta siswa mengulang materi (h) game untuk meningkatkan konsentrasi dan semangat siswa (i) menjelaskan cara membaca sudut (j) mempersilahkan siswa membaca sudut (k) penjelasan cara menggambar (l) penutup. (2) penerapan metode pembelajaran Joyfull Learning berhasil meningkatkan persentase rata-rata keaktifan siswa dari 58,88% pada pra siklus, menjadi 70,05% pada siklus I dan 76,51% pada siklus II.


Full Text:

PDF

References


Andreas Kosasih. (2011) Pembelajaran Yang Menyenangkan (Joyfull Learning) Merupakan Alternatif Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Diakses melalui http://www.Ikawinamadiun.Com/News2.Php?Op=7 pada 19 November 2016, jam 16:30 PM.

Anggita Megasari Nasution. (2012). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Game-Tournament (TGT) dengan Media Teka-Teki Silang (TTS) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Kelas IV A MI Sultan Agung Yogyakarta. Laporan Penelitian. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Darmansyah. (2011). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Fajar Arif Wijaya Latief. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Berbantu Dengan Humor untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi pada Kelas XI IPS 3 Di MAN 2 Madiun Tahun Ajaran 2014/2015. Laporan Penelitian. Yogyakarta: UNY.

Hartoyo, (2009). Upaya Meningkatkan Prestasi Melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 18, No 1. Halaman 62.

Ilham Marsudi dan Nuryadin Eko Raharjo. (2007). Pembelajaran Berbasis Kreativitas untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Bidang Aplikasi Komputer. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 16, No 1. Halaman 19.

Jumroh dan Destri Winarti. (2016) Penerapan Pembelajaran Joyfull Learning dengan Menggunakan Multimedia Interaktif di SMA Karya Ibu Palembang. Diakses melalui http://www.univpgripalembang.ac.id/e _jurnal/index.php/ didaktika/article/view/570/441. pada 21 November 2016, jam 21:35 PM.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ledy Sunarto. (2013). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Strategi Group Investigation pada Mapel Pkn Materi Perundang-Undangan Siswa Kelas V SD Negeri 01 Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Laporan Penelitian. Surakarta: UMS.

Leonardus Baskoro Pandu. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Komputer di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta. Laporan Penelitian. Yogyakarta: UNY.

Mera Rizkina. (2013). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Diskusi Kelompok Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII E di SMPN 19 Semarang. Laporan Penelitian. Semarang: UNS.

Nani Rahmani. (2011) Pengajar Cerdas dengan Joyfull Learning. Diakses melalui http://www.bppk.kemenkeu.go.id/berita-medan/12041-pengajar-cerdas-dengan-joyful-learning. pada 19 November 2016 jam 22:50 PM.

Nurul Aini Sholikhah. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika di MI Muhammadiyah Basin. Laporan Penelitian. Surakarta: UMS.

Nuryadin Eko Raharjo. (2007). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Bidang Matematika Teknik Sipil Melalui Pembelajaran Realistic. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 16, No 1. Halaman 57.

Pariani. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK SMK PGRI 1 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Laporan Penelitian. Yogyakarta: UNY.

Radian Bagus. (2014). Kerucut Pengalaman (Cone Of Experience) Edgar Dale. Diakses melalui https://bagusdwiradyan. wordpress.com /2014/07/06/ kerucut-pengalaman-cone-of-experience-edgar-dale/. pada 14 September 2017 jam 19:00 PM.

Riry Mardiyan. (2012). Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan Metode Bermain Peran (Role Playing). Jurnal Pakar Pendidikan. Volume 10, No. 2. Halaman 151-162.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Silberman, Melvin. (2009). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Penerjemah: Sarjuli, et. Al. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tety Astuti. (2010). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Joyful Learning Berbantuan Modul SMART-Interaktif pada Hasil Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Laporan Penelitian. Semarang: UNS.

Umi Rochayati dan Masduki Zakaria. (2010). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Teknik Digital Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 19, No 1. Halaman 21.

Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.