Pengembangan Video Pembelajaran Penyetelan Theodolit Pentax Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah di SMK Program Teknik Konstruksi dan Properti

Himawan Ridwanda, Dr. Ir. Sunar Rochmadi, M.E.S.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan video pembelajaran penyetelan Theodolit Pentax pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah di SMK program teknik konstruksi dan properti (2) mendeskripsikan kualitas video pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kelayakan media.

Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model 4D Thiagarajan yang terdiri dari Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Disseminate (penyebarluasan). Instrumen penelitian ini menggunakan angket penilaian kelayakan media pembelajaran yang diisi oleh ahli media, ahli materi, dan guru.

Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berupa video pembelajaran dalam bentuk data dengan format MP4. Komponen utama video pembelajaran ini terdiri dari halaman pembuka, pengantar, judul tahapan, materi video, judul tahapan, materi video, penutup, halaman penutup. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji kelayakan memperoleh nilai rata-rata dari ahli media 98, dari ahli materi 53, dan dari penilaian guru 59,6 yang termasuk dalam kategori layak.

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Bekti Wulandari. (2015). Pengembangan Trainer Equalizer Grafis dan Parametris Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Sistem Audio. JPTK, Vol. 22, No. 4. Oktober 2015.

Depdiknas. (2008). Panduan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah.

Dwi Siswoyo, dkk. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Eko Putro Widoyoko. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Fajar Mubarok. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application menggunakan App Inventor pada Mata pembelajaran Mekanika Teknik untuk Siswa Kelas X Studi Keahlian TGB Smk Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Iqra’ Al-Firdaus. (2010). Buku Lengkap Tuntunan Menjadi Kameraman Profesional. Yogyakarta: Bukubiru.

Luthfan Ikhsan Munir. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Setting Up Waterpass. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Muhammad Munir. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. JPTK, Vol. 22, No. 2, Oktober 2014.

. Analisis pengembangan Media Pembelajaran Pengolah Angka (Spreadsheet) Berbasis Video Screencast. JPTK, Vol.21, No. 4, Oktober 2013.

Mustafa, Zainal EQ. (2009). Mengurangi Variabel hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Oktavia Hardiyantari. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Teknik Dinamis pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 4, Nomor 1, April 2017.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2011). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukoco, dkk. (2014). Pengembangan Media pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. JPTK, Vol. 22, No. 2. Oktober 2014.

Thiagarajan, Sivasailam., Semmel, Dorothy S. & Semmel Melvyn I. (1974). Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children. Minesota: Indiana University.

Wahono, Romi Satria. (2006). Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Diakses melalui http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/ . Pada tanggal 23 Mei 2017 pukul 21:51.

Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan Sumberdaya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT Jayakarta Agung Offet

Yogi Nurchayo Dinata. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan Pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Autocad. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.