Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa dalam Memilih Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di SMK N 1 Seyegan

Marwiyanto Marwiyanto, Drs. Darmono, M.T.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di SMK N 1 Seyegan meliputi faktor internal (kemauan, kesenangan, dan motivasi) dan faktor eksternal (keluarga, masyarakat, dan sekolah), (2) mengetahui faktor-faktor yang lebih dominan mempengaruhi minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di SMK N 1 Seyegan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di SMK N 1 Seyegan khusus kelas X program keahlian Teknik Konstruksi dan Properti bulan Juli sampai Agustus 2017. Populasi yang digunakan 128 siswa atau 4 kelas yang ada di SMK N 1 Seyegan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup (kuesioner). Uji validitas instrument menggunakan validitas konstruk expert judgement dan validitas isi dengan Product Moment. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dan mendapatkan nilai korelasi 0,849 dengan jumlah soal valid 38 butir, maka reliabilitas angket penelitian siswa yaitu alpha 0,849 > r tabel 0,173 artinya instrumen angket penelitian dengan tingkat reliabilitas tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam memilih program keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di SMK N 1 Seyegan yaitu faktor internal dengan presentase nilai rata-rata sebesar 74,36%, unsur kemauan dengan presentase nilai sebesar 81,04%, unsur kesenangan dengan presentase nilai sebesar 71,03%, motivasi dengan presentase nilai sebesar 71%. Sedangkan eksternal dengan presentase nilai rata-rata sebesar 66,5%, unsur keluarga dengan presentase nilai sebesar 65,6%. Unsur masyarakat dengan presentase nilai sebesar 60,16%, unsur sekolah dengan presentase nilai sebesar 73,73%. (2) Faktor yang lebih dominan mempengaruhi minat siswa adalah faktor Internal yaitu unsur keluarga dengan presentase nilai rata-rata sebesar 81,04%.

Full Text:

PDF

References


Abdul Chamid dan Rochmanudin. 2010. Lulus SMP/MTS?, Yogyakarta: Paramitra Publishing

Abd. Rahman, Abror. 1993. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Tiara wacana Yogya

Abdul Rahman Shaleh, 2005. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Persepektitif Islam. Jakarta: Kencana

Abu Ahmadi. 2003. Psikologi Sosial. Jakarta: rineka Cipta

Amsyah, Zulkifli. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Gramedia

Bimo Walgito. 2000. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta; Andi Offset

Dwi Siswoyo, dkk. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Dwi Wulandari, Agustina. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Kelas X Dalam Pemilihan Jurusan Tata Boga Di SMK N 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. UNY: Digital Library

Elizabeth Hurlock.2005. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Endang Mulyatingsiih. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Jogianto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan teori dan Amplikasi Bisnis. Yogyakarta: ANDI

Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha ilmu

Jusmin, Emilda. (2012). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik di Unit Produksi Sekolah, dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK di Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 21, Nomor 1

Kurniawati, Eni (2011). Minat Siswa Masuk ke Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2010/2011. UNY: Digital Library

Musfiqon. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nazlili Shaleh Rahman. 2011. Peran dan Masyarakat: Kajian Peran Pendidikan dalam Bidang Sosial, Politik, Ekonomi dan Budaya. Pendidikan di Negara Maju, berkembang dan Terbelakang. Yogyakarta: Sabda Media

Ngalim Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nofiyanti, Eva. (2011). Faktor-Faktor Pendukung dalam Pemilihan Jurusan Busana pada Siswa Kelas X di SMK N 1 Pengasih Kulonprogo. UNY: Digital Library

Nurmala, Siti. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Kelas IX SMP untuk Melanjutkan ke SMK N 2 Simpang Empat Kompetensi Keahlian Perawat Kesehatan Kabupaten Tanah Bambu. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, volume 21, Nomor 1

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Putera

Permendikbud. 2015. Pedoman Pendirian, Perubahan, dan Penutupan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Citra Umbara

Putu Sudira. 2006. Prinsip Sekolah Menengah Kejuruan. Yogyakarta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2011. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Syaiful Bahri djamarah. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Suparman, Suparman. (2014). Peningkatan kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Elektronika Analog dengan Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.