Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Presatasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kelompok Peminatan Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Dwi Rohadi Fandi Wijaya, Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd.

Abstract


Tujuan penelitian yang dilakukan kepada siswa kelas XII Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta untuk mengetahui: (1) pengalaman praktik kerja industri, (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kelompok peminatan, (3) pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kelompok peminatan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebanyak 29 siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier.

Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pengalaman praktik kerja industri siswa kelas XII Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagian besar termasuk dalam kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 96,55%. (2) Prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran kelompok peminatan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagian besar termasuk dalam kategori baik yaitu sebanyak 58,62%. (3) Terdapat pengaruh dari pengalaman praktik kerja industri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kelompok peminatan siswa kelas XII Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan persamaan Y = 58,754 + 0,114 X. Besarnya pengaruh pengalaman praktik kerja industri (X) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kelompok peminatan (Y) adalah R2 sebesar 0,055 atau 5,5%, sedangkan 94,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Afni Nur Anita. (2012). Pengaruh hasil belajar mata pelajaran program produktif dan kemandirian belajar terhadap prestasi prakerin siswa kelas XII program studi keahlian teknik elektronika di SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun ajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ahmad dan Sudji Munadi. (2014). Pengaruh Pengalaman Praktik, Prestasi Belajar Dasar Kejuruan Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 4, No 2. Hlm 172.

Anwar.(2006). Pendidikan Kecakapaaan Hidup (Life Skills Education). Bandung: Alfabeta

Apriyantoko. (2010). Hubungan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Bimbingan di Industri dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Kota Magelang. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Burhan Nurgiantoro. (2009). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Chaplin, J.P.. 2011. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Dikmenjur. (2008). Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan

Dikmenjur. (2008). Kurikulum SMK. Jakarta: Dikmenjur

Diknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas

Dimyati. (2013). Belajar&Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Duwi Priyatno. 2011. Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Yogyakarta: MediaKom

Duwi Priyatno.(2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Publisher

E.Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreaif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Haryadi Sarjono & Winda Julianita. (2011). SPSS vs LESREL, Sebuah Pengantar untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat

Haryadi Sarjono dan Winda Julianita.(2011).SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Husaini Usman dan Purnomo Setyadi. (2006). Pengantar Statika. Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Ghozali. (2011). Apilkasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Marsudi. (2016). Penerapan Model Konstruktivistik Dengan Media File Gambar 3d Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Hasil Belajar. Journal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 23, No 1. Hlm 20.

Muhibbin Syah. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Oemar Hamalik. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Ratna Sari. (2012). Peran Praktik Industri dalam Menunjang Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Busana SMK Karya Rini Yogyakarta. Laporan Penelitian. Universitas Negeri Yogakarta

Ronny Kountur. (2007). Metode penelitian untuk Skripsi dan Tesis, edisi revisi. Jakarta: Penerbit PPM

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono.(2013). Metodologi Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhasimi Arikunto.(2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumadi Suryabrata. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sutrisno Hadi. (1994). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses pada http://www. google.com. pada tanggal 14 Januari 2017 pukul 17.10 WIB

Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.

Winkel, WS. (1999). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo

Zamza Zawawai. (2012). Pengaruh Unit Produksi, Prakerin Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.2, No.3. Hlm 400.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.