Pengembangan Jobsheet pada Mata Pelajaran Finishing Bangunan Kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Pengasih

Indriani Nurul, Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan jobsheet yang sesuai sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Praktik Finishing Bangunan kelas XI TKBB SMK Negeri 2 Pengasih, (2) mengetahui kelayakan jobsheet yang telah dikembangkan pada mata pelajaran Praktik Finishing Bangunan kelas XI TKBB SMK Negeri 2 Pengasih menurut penilaian ahli materi, ahli media dan pengguna.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and
development)
dengan model Thiagarajan yaitu 4D models. Subjek penelitian adalah dosen jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta sebagai ahli materi dan ahli media, serta guru mata pelajaran Finishing Bangunan di SMK N 2 Pengasih sebagai pengguna jobsheet. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Prosedur pengembangan dilakukan dengan prosedur 4D models dan menghasilkan menghasilkan sumber belajar untuk menunjang kegiatan praktik Finishing Bangunan yang terdiri dari 7 job yang dilakukan selama 1 tahun ajaran, (2) hasil uji kelayakan pengembangan jobsheet Finishing Bangunan untuk siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih menurut ahli materi masuk dalam kategori sangat layak dengan skor 88,24, menurut ahli media masuk dalam kategori sangat layak dengan skor 85,71 dan menurut pengguna (guru) masuk dalam kategori sangat layak dengan skor 97,50.

Full Text:

PDF

References


Anang Prasetyo. (2015). Pengembangan Job Sheet Teknik Kerja Bengkel Elektronika sebagai Media Pembelajaran Praktik Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Wonosari, Gunung Kidul. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Aryadi Widya. dkk. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Media Pembelajaran Jobsheet Pada Panel Peraga Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 11. No. 2. Hal. 68-71.

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Rev.ed. Jakarata : PT Raja Grafindo

Persada.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Departemen Pendidikan Nasional.

Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan: Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Fatmawati, dkk. (2014). Makalah Pembuatan Jobsheet. Makassar: Pendidikan

Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Hamid Darmadi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

I Gusti Bagus Mahendra Destiyanto. (2012). Pengaruh Penggunaan Job Sheet Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Diklat Praktik Las Dasar di SMK Negeri 2 Klaten. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Iskandar Wiryokusumo. (2011). Kumpulan-kumpulan Pemikiran dalam Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali

Kusumam, Aliangga, Mukhidin dan Bachtiar Hasan. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY. Vol. 23, No 1. Hlm. 29.

M Arifin. (2006). Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdesipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

M Aris Abdillah. (2013). Kelengkapan Jobsheet dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada Siswa. Gardan. Vol. 3. No. 1.

Martubi. (2009). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Lanjut Melalui Pembelajaran Menggunakan Modul dan Lembar Kerja dengan Soal Latihan Berjenjang. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY. Vol.18, No.1. Hlm. 89.

Muhammad Samkhan. (2013). Penerapan Job Sheet berbasis Assesment Checklist Mata Pelajaran Praktik Kerja Bangku untuk Meningkatkan Motivasi Kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta. UNY.

Ni Desak Made Sri Adnyawati. (2004). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Pembelajaran Dekorasi Kue Melalui Metode Demonstrasi dan

Media Job Sheet Mahasiswa Jurusan PKK IKIP Negeri Singaraja. Jurnal

Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja (Nomor 1 Tahun

XXXVII). Hlm. 154-166.

Ratna Tri Widyastuti. (2015). Pengembangan Jobsheet Praktikum Sistem Pengapian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

______. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:

UNY.

Thiagarajan, Sivasailam, Semmel, Dorothy S., Semmel, Melvyn I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional

Children. Bloomington, Indiana: Indiana University.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progrsif. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2002). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Wastono. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMK pada Mata Diklat Teknologi Mekanik dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY. Vol 22. Hlm. 396.

Yuan Rido Anggarta. (2016). Pengembangan Jobsheet sebagai Sumber Belajar Praktik Teknik Pengukuran Kelas X Teknik Permesinan di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Yuliastanti. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Berbasis

Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII SMP Kota Yogyakarta.

Laporan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.