Perkembangan Hasil Belajar Mekanika Teknik di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Nugroho Tri Yuli Anto, Drs. Suparman, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui seberapa besar tingkat perkembangan hasil belajar mahasiswa untuk mata kuliah Mekanika Teknik I sampai dengan Mekanika Teknik  IV di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2016. Data penelitian dikumpulkan melalui dokumentasi nilai Mekanika Teknik I sampai dengan Mekanika Teknik IV dibagian Pengajaran Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Perkembangan Indeks Prestasi rata - rata Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY Tahun 2013 sampai dengan Tahun 2016 berturut turut: (a) Mekanika Teknik I rata-rata 2,79 dan garis trend y = 2,79 (b) Mekanika Teknik  II rata-rata 2,84 dan garis trend y = -0,186x + 3,305 (c) Mekanika Teknik  III rata-rata 2,03 dan garis trend y = 0,054x + 1,96 (d) Mekanika Teknik  IV rata-rata 2,83 dan garis trend y = -0,18x + 3,285. (2) Perkembangan Indeks Prestasi rata - rata Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY pada Mata Kuliah Mekanika Teknik I sampai dengan Mekanika Teknik IV berturut turut: (a) Tahun 2013 rata-rata 2,55 dan garis trend y = -0,026x + 3,04 (b) Tahun 2014 rata-rata 2,97 dan garis trend y = -0,134x + 2,86 (c) Tahun 2015 rata-rata 2,52 dan garis trend y = -0,134x + 2,86 (d) Tahun 2016 rata-rata 2,47 dan garis trend y = -0,074x + 2,66.

Full Text:

PDF

References


Agung Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada

(GP) Press.

Agus Aryadi. (2014). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Mata Diklat Pengukuran Teknik Standar Kompetensi Menggunakan Alatalat Ukur (Measuring Tool) Siswa Kelas X TPBO SMK N 2 Depok

Sleman Yogyakarta. Skripsi. FT UNY

Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andriansah. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Proses Dasar Perlakuan Logam

(PDPL) Melalui Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) bagi Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. FT UNY.

Arends, Richard I. (2013). Belajar untuk Mengajar. Jakarta: Salemba Humanika

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Badan Pusat Statistik. (2015). Pengangguran Terbuka menurut PendidikanTertinggi yang Ditamatkan Tahun 2004-2015. Diakses pada tanggal 15 Januari 2016 dari http://bps.go.id.

Bloom, Benyamin S. (1979). Taxonomy of Educational Objectivitas, TheClassification of Educational Goals. New York: Handbook 1 Cognitive Domain, David McKay Company.Inc.Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2002). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dadang Yudhistira. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang Apik. Jakarta : PT Grasindo.

Oemar Hamalik,. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam PembelajaranAbad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. Janati, Ery Wahyu. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Kompetensi Memberi Bantuan untuk Pelanggan Internal dan Eksternal di SMK Pelita Buana Sewon. Skripsi. FT UNY

H Martinis, Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada

Press Jakarta.

Husaini Usman. (2003). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Joyce, Bruce & Weil, Marsha. (1996). Models of Teaching. Boston: Pearson 119

Latif, Rifan. (2011). Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Mata Diklat Ilmu Statika Kelas X Jurusan Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakata. Skripsi. FT UNY.

Moore, Kenneth D. (2014). Effective Instructional Strategies from Theory to Practice. Henderson State University. Poerwadarminta, W.J.S. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Nana, Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rochiati, Wiraatmadja. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. (2010). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suparman. (2009). Mekanika Teknik II. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suwarsih Madya. (2011). Teori Dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wasty, Soemanto. (2003). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Widiyanti, Astri. (2015). Penggunaan Metode STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Balajar pada Mata Pelajaran Memperbaiki Sistem Penerima Televisi Siswa Kelas XI Teknik Audio Video di SMK PN 2 Purworejo. Skripsi. FT UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.