Efektivitas Pembelajaran Sistem Blok Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan Di SMK N 1 Magelang

Seva Rahma Hardina, Drs. Pusoko Prapto, M.T.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran sistem blok siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK N 1 Magelang berdasarkan persepsi guru dan persepsi siswa, serta kendala-kendala pembelajaran sistem blok menurut sudut pandang siswa kelas X.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Sumber data penelitian ini adalah angket/kuesioner guru di SMK N 1 Magelang dan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan tahun ajaran 2016-2017. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert, observasi, dan dokumentasi.

Hasil peneliti menunjukkan bahwa: (1) Skor tingkat efektivitas pelaksanaan pembelajaran sistem blok di Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK N 1 Magelang menurut persepsi guru adalah sebesar 77,04, skor efektif meliputi aspek layanan sekolah 79,93 (sangat efektif), aspek tugas pendidik 79,5 (sangat efektif) sedangkan indikator waktu dan strategi pembelajaran 72,77 (efektif), aspek siswa 79,37 (sangat efektif) sedangkan indikator penyelesaian pelajaran/tugas 73,1 (efektif), dan aspek hasil belajar 79,35 (sangat efektif) sedangkan indikator evaluasi 72,5 (efektif). Skor tingkat efektivitas pelaksanaan pembelajaran sistem blok menurut persepsi siswa kelas X adalah 78,2, skor efektif meliputi aspek layanan sekolah 84,55 (sangat efektif), aspek tugas tenaga pendidik 83,1 (sangat efektif), aspek siswa 84,3 (sangat efektif) sedangkan indikator konsentrasi siswa 48,1 (kurang efektif), dan skor efektif aspek hasil yang dicapai sebesar 79 (sangat efektif). Tingkat efektivitas pembelajaran sistem blok di SMK N 1 Magelang masuk dalam kategori sangat efektif. (2) Kendala-kendala yang dihadapi menurut persepsi siswa kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK N 1 Magelang adalah siswa lupa materi 38,5%, siswa jenuh 24,8%, tugas banyak 12,95%.

Full Text:

PDF

References


Agung Kurniawan. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Anas Sudijono. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

___________. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo (Rajawali Pers).

Antoni. (2002). Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.

Bernard. I. Chaster. (1992). Organisasi dan Manajemen Struktur, Perilaku dan Proses. Jakarta: Gramedia.

Dedi Arsil Majid, et.al (2011). Pengaruh Model Penjadwalan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Perawatan Sepeda Motor Siswa SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan. Vol 34. No.1. Hlm, 34-48 http://journal.um.ac.id diaskes pada tanggal 21 Maret 2017.

Endang Soenarya. (2000). Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Haryadi Sarjono & Winda Julianita. (2011). SPSS vs LISREAL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

I Made Supatra. (2001). Sistem Efektivitas Pelaksanaan Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) Pada Unit Produksi Jurusan Teknik Mesin SMK N 1. Palangkaraya: Universitas Palangka Raya.

Ibnu Subiyanto. (2002). Metodologi Penelitian Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Indra Bastian. (2006). Akutansi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Jamal Ma’mur Asmani. (2011). Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press.

Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 049/U/1992 Pasal 2 Ayat 1 tentang Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.

LAB Board of Governors. (1998). Block Schedulling: Innovations with Time. The Northeast and Islands Regional Educational Laboratory at Brown University (online) http://www.brown.edu diakses pada tanggal 2 Februari 2017, jam 09.20 WIB.

M. Sobry Sutikno. (2014). Metode & Model-model Pembelajaran. Bandung: Holistica.

Nanang Fattah. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho Wibowo (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 23. No.1. Hlm, 46 http://journal.uny.ac.id diakses pada tanggal 2 April 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Puput Kartika. (2015). Hubungan Penerapan Jam Pelajaran Sistem Blok dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel Siswa Kelas X SMK N 1 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: UNY.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rulam Ahmadi, M. Pd. (2015). Pengantar Pendidikan (Asas & Filsafat Pendidikan). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Schott, Patrick W, B. S. E., M.Ed. (2008). From Block To Traditional Schedule: The Impact On Academic Achievment, Attendance Rates And Drop Out Rates. Dissertation. University Of North Texas (online). http://digital.library.unt.edu diakses pada tanggal 1 Maret 2017 Jam 17.16

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_______________. (2013). Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutirna & Asep Samsudin. (2016). Landasan Kependidikan (Teori & Praktek). Bandung: Refika Aditama.

Suwandi. (2016). Analisis Studi Kebijakan Pengelolaan Guru SMK dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 23. No.1. Hlm, 92 http://jornal.uny.ac.id diakses pada tanggal 2 April 2017.

Suwati. (2008). Sekolah Bukan Untuk Mencari Pekerjaan. Bandung: Pustaka Grafia.

Yossy Howard Ratu. (2016). Efektivitas Penerapan Pembelajaran dengan Sistem Blok Jurusan Teknik Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah Prambanan. Yogyakarta: UNY.

Yusran Pora. (2004). Selamat tinggal Sekolah. Yogyakarta: Media Pressindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.