Kemitraan Antara Jurusan Teknik Bangunan di SMK N 3 Yogyakarta dengan Dunia Industri

Yuristira Frans Tri Putra, Ir. Ilham Marsudi, M.Kom.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi mengenai kondisi hubungan kemitraan antara jurusan teknik bangunan di SMK N 3 Yogyakarta dengan dunia Industri; (2) mengidentifikasi hambatan yang dialami dalam menjalin kemitraan antara jurusan teknik bangunan di SMK N 3 Yogyakarta dengan dunia industri; (3)mengidentifikasi solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi kendala yang terjadi dalam hubungan antara jurusan teknik bangunan di SMK N 3 Yogyakarta dengan dunia industri serta alternatif untuk pengembangan yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mencangkup tiga tahap yaitu: (1) tahap deskripsi; (2) tahap reduksi; (3) tahap seleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan analisis dokumen serta diperkuat dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis induktif yakni reduksi data, menampilkan data, dan verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) kegiatan kemitraan yang telah terlaksana di SMK N 3 Yogyakarta meliputi kegiatan prakerin, uji kompetensi siswa, kunjungan industri, guru tamu, pembekalan prakerin dan perekrutan karyawan; (2)kendala yang dialami dalam pelaksanaan kegiatan kemitraan yang telah terlaksana yakni pada saat prakerin siswa belum benar-benar siap untuk menghadapi dunia industri yang sebenarnya dan juga masih ada beberapa industri yang kurang memperhatikan siswa prakerin, pada kegiatan kunjungan industri yakni siswa kurang aktif untuk menanggapi penjelasan materi. Komunikasi yang kurang baik menyebabkan industri kesulitan untuk menentukan materi yang akan disampaikan dalam kegiatan guru tamu selain itu terjadinya hambatan pada proses penyampaian informasi perekrutan karyawan; (3) upaya untuk mengatasi kendala yang ada yakni dengan meningkatkan kinerja yang telah berjalan serta dapat juga dengan melaksanakan kegiatan kemitraan yang belum pernah terlaksana sebagai salah satu cara pengembangan kemitraan; (4) kegiatan kemitraan dapat dikembangkan dengan cara mengembangkan kegiatan yang sudah terlaksana. Dari hasil data yang didapat kegiatan kemitraan yang terlaksana di SMK N 3 Yogyakarta telah mengalami perkembangan pada tiap kegiatan kemitraan.

Full Text:

PDF

References


Ambar Sulistyo. (2010). Kemitraan Antara Dunia Usaha/Industri Dengan Pendidikan Dalam Meningkatkan Lulusan SMK(Studi Jalinan Kemitraan Antara PT Trakindo Utama Dengan SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Cox-Petersen, Amy.(2011). Education partnerships: Conecting schools, families, and the community. Los Angeles: Sage.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Djojonegoro, Wardiman. (1998). Pengembangan Sumberdaya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta : Balai Pustaka.

Fuad Ihsan (2003). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Epstein, J.L., Sanders, M.G., Seldon, S.B., Simon, B.S., B.S., Salinas, K.C., Janssorn, N.R., Van Voorhis, F.L., Martin, C.s., Thomas, B.G., Greenfeld, M.D., Hutchins, D.J., & Williams,K.J. (2009).School, family, and community partnerships, third edition. Thousand Oaks, California : Corwin Press.

Gunadi. (2013). Peningkatan Keterampilan Produktif Calon Guru SMK Otomotif Melalui Kemitraan Dengan Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 16, Nomor 2.

I Wayan Suandi. (2011). Pengolaan Kemitraan SMK Dengan Dunia Kerja (Studi Multisitus Pada Tiga SMK DI Provinsi Bali). Disertasi. Universitas Negeri Malang.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Wibowo, Nugroho., (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 23, Nomor 1.

Oemar Hamalik. (2010). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2009 tentang Standar Kompetensi Kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Peraturan Pemerintah. (2013). Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Peraturan Pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

________. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

________. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta.

________. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta.

Sri Utami. (2010). Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri Melalui Praktik Kerja Industri : Studi Multisitus Di SMK Negeri 3 Malang Dan SMK Cor Jesu Malang. Tesis. Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

_______. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukardi, Th., dan Hargiyanto, Putut. (2007). Peran Bursa Kerja Khusus Sebagai Upaya Penempatan Lulusan SMK Dalam Rangka Terwujudnya Link And Match Antara Sekolah Dengan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 16, Nomor 2.

Sunar Rochmadi. (2014). Model Pembelajaran Teknik Survey dan Pemetaan SMK Melalui Kemitraan Dengan Dunia Kerja. Disertasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wenrich, R. C., et al (1988) Administration of vocational education. Homewood, Illinois: American technical publisher, Inc.

Widia Citresnawati. Pengolahan Kemitraan SMK. Diakses dari : http://www.academia.edu/3653876/Pengelolaan_Kemitraan_SMK pada tanggal 20 Februari 2015, jam 10:00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.