Persepsi Guru Pembimbing Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Periode 2016 di SMKN 2 Pengasih

Evita Linda Mery, Dr. Amat Jaedun, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pembimbing terhadap kompetensi mahasiswa PPL program studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan periode 2016 di SMKN 2 Pengasih. Penilaian persepsi berdasarkan 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunaan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pembimbing PPL Teknik Bangunan sebanyak 13 guru. Uji validitas menggunakan validitas isi dengan judgment experts dan validitas butir dengan Products Moment dari Pearson. Sedangkan untuk menguji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Data hasil penelitian di analisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.  

Hasil penelitian persepsi guru terhadap kompetensi mahasiswa PPL prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan periode 2016 di SMKN 2 Pengasih menunjukkan bahwa (1) Kompetensi mahasiswa memiliki modus yang termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,17; (2) Kompetensi pedagogik memiliki modus yang termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,09; (3) Kompetensi kepribadian memiliki modus yang termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,38; (4) Kompetensi sosial memiliki modus yang termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,27; (5) Kompetensi profesional memiliki modus yang termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 2,93.

Full Text:

PDF

References


Abd. Halim Soebahar. (2009). Matriks Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Marwa.

Ayu Larasati. (2013). Persepsi Guru Pembimbing Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Praktik KKN-PPL Universitas Negeri Yogyakarta Di SMK Piri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Djoko Santoso, Niken Ayu Larasati dan Ramlan Arief Fathony. (2013). Persepsi Guru Pembimbing Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa PPL UNY Di SMK Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY. Vol. 21, No 4. Hlm 295.

E. Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

______. (2003). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT. Remaja RosdaKarya.

Imam Wahyudi. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

_____. (2012). Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Lilik Chaerul Yuswono, Martubi, dan Sukaswanto. (2014). Profil Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Otomotif Di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY. Vol. 22, No 2. Hlm 173.

Martinis Yamin. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Miftah Thoha. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Mohammad Asrori. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Moh Uzer Usman. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhammad Surya. (2003). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.

Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Puput Sumargiana. (2015). Tingkat Kepuasan Guru Terhadap Kompetensi PPL Mahasiswa Prodi Pendidikan Busana Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2013 di SMK Se-Kotamadya Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FT UNY.

Ratna Yuliasanti. (2009). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kompetensi Profesional Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang Melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Semarang: FT UNNES.

Riduwan. (2011). Dasar- dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Sagala. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugihartono dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Suwandi. (2016). Analisis Studi Kebijakan Pengelolaan Guru Smk Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY. Vol. 23, No 1. Hlm 94.

Syaiful Bahri Djamarah. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Tim KKN-PPL UNY. (2014). Panduan PPL/ Magang III. Yogyakarta: UPPL UNY.

Uhar Suharsaputra. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wirawan. (2002) Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Yayasan & UNHAMKA PRESS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.