Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru dengan Karakter Siswa di SMK Negei 2 Depok

Sarsin Sarsin, Drs. Agus Santoso, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan guru dengan karakter siswa SMK Negeri 2 Depok  .

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas 2 variabel yaitu satu variabel bebas yaitu gaya kepemimpinan guru dan satu variabel terikat yaitu karakter siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Depok Jurusan Teknik Gambar Bangunan kelas X dan kelas XI. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan pada tabel Isaac & Michael dengan mengambil tingkat kesalahan α sebesar 5%. Jumlah sampel setiap kelas diambil secara proportional terhadap populasi yang bersangkutan. Sampel dipilih secara random pada setiap kelas, dengan cara tersebut diperoleh jumlah sampel sebanyak 95 siswa terdiri atas kelas X = 47 siswa dan kelas XI = 48 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan analisis korelasi dan regresi menggunakan bantuan program SPSS v.22.

Hasil penelitian menunjukan gaya kepemimpinan guru ada hubungan positif terhadap karakter siswa SMK Negeri 2 Depok, dengan nilai r sebesar 0,391. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan guru dengan karakter siswa SMK Negeri 2 Depok (p < 0,05).

Full Text:

PDF

References


Agus Partawibawa, Syukir Fathrudin, dan Achmad Widodo. (2014). Peran Pembimbing Akademik terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan UNY. Vol 22 No 1. Hlm. 1-8.

Agustian, Ari Ginanjar. (2007). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual: ESQ. Jakarta: Arga.

Amat Jaedun, Eka Purwaningsih, Fistian Novita, dan M. Alwan Wiranata. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Kegiatan Pembelajaran pada SMK Jurusan Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan UNY. Vol 21 No 1. Hlm. 74-82.

Amat Jaedun, Sutarto, dan Ikhwanudin. (2014). Model Pendidikan Karakter di SMK melalui Program Pengembangan Diri dan Kultur Sekolah. Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan UNY. Vol 22 No 2. Hlm. 163-172.

Aunilah, Nurla I. (2011). Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Divapress.

Depdiknas. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

E. Mulyasa. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Edy Sutrisno.(2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Husaini Usman. (2002). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartini Kartono. (2005). Pemimpin dan Kepemimpinan Apakah Kepemimpinan Abnormal itu?. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

M. Ratna. (2006). Membangun SDM Indonesia Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Versi Web.

Miftah Thoha. (2010). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Moerhadi. (2011). Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa. Diakses dari http://slideshare.net/moerhadie/grand-designpendkarakter. pada tanggal 21 Nopember 2016, jam 14.00 WIB.

Musfiroh. (2008). Pengembangan Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ngalim Purwanto. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rudi Salam Sinulingga. (2014). Gaya-gaya Kepemimpinan. Diakses dari http://www.kompasiana.com/rudisalamsinulingga/gaya-gaya-kepemimpinan_54f79ceca33311df1d8b4583. pada tanggal 21 Nopember 2016, jam 14.15 WIB.

Slamet PH. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Teori dan Praktek.Yogyakarta.

Sudarwan, Danim. (2008). Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suparman. (2003). Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri Kelompok Teknologi dan Industri di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tesis.PPs – UNY.

Tim Penyusun Tugas Akhir Skripsi FT UNY. (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Akhir Skripsi FT UNY Tahun 2013. Yogyakarta.FT UNY

Timothy. (2012). Wajah Sistem Pendidikan di Indonesia. Diakses dari http://pendidikankarakter.com/wajah-sistem-pendidikan-di-indonesia/. pada tanggal 21 Nopember 2016, jam 14.00 WIB.

Tu’u Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organizaion). Jakarta: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.