Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru Dalam Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di Smk Negeri 2 Depok Sleman Tahun Ajaran 2016/2017

Vincentius Fanestel, Drs. Suparman, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya hubungan antara gaya kepemimpinan demokratis guru dengan prestasi belajar siswa, (2) besarnya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, (3) besarnya hubungan antara gaya kepemimpinan demokratis guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X TGB SMK 2 Depok 2016/2017 berjumlah 64 orang. Teknik sampling random sampel 61 orang didapat dari tabel Krejcie. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Hipotesis diuji dengan analisis regresi linier. Tingkat signifikansi 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hubungan signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis guru dengan prestasi belajar sebesar 0,474 dengan (p=0,027<0,05); (2) hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,476 dengan (p=0,026<0,05); (3) hubungan signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar (p=0,035<0,05).

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji.(2006).Psikologi Kerja.Jakarta : PT. Asdi Mahasatya.

Apriyantoko.(2014). Hubungan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Bimbingan di Industri Dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN1 Kota Magelang.Skripsi S1.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arifin, Zainal.(2013).Evaluasi Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi.(2006).Prosedur Penelitian Suatu Praktik.Jakarta: Renika Cipta.

Aryanti.(2012).Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi S1. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia (Online), vol 1(1). Diakses dari http: //journal.uny.ac.id/index.php/ jkpai/article/view/715. Pada tanggal 22 Februari 2017.

Dimyanti & Mudjiono.(2004).Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Proyek

Djaali.(2012).Psikologi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B.(2008).Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta

Handoko, T. Hani. (2001). Motivasi: Daya Penggerak Tingkah Laku. Jogjakarta: Kanisius.

Hasibuan, Malayu S.P.(2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Heidhjrachman, H. Suad.(2002).Manajemen Personalia.Yogyakarta:BPFE

Indrafachrudi, Soekarto.(2006).Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif.Bogor: Ghalia Indonesia

Jamaris, Martini.(2013).Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan.Bogor: Ghalia Indonesia.

Jihad, Asep.(2008).Evaluasi Pembelajaran.Multi Press

Junianto, Dwi. (2015). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Keterlibatan Orang Tua, Aktualisasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi. Diakses dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/6834. Pada tanggal 4 April 2017.

Kartono Kartini. 1994. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: CV. Rajawali.

La Monica.(1998).Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan.Jakarta : EGC.

Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi & Kemampuan Awal.Jakarta : Delia Press.

Nursalam.(2002).Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta : Salemba Medika.

Purwanto, M Ngalim.(2000).Psikologi Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rivai, Veithzal & Deddy Mulyadi.(2012).Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi.Jakarta: Rajawali Pers.

Sadirman.(2007).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada

________.(2009).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo

Sanaky, Hujair AH.(2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif.Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Setiyati, Sri.(2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Diakses dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/issue/view/1139. Pada tanggal 4 April 2017.

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta

Sondang, P Siagian (2010). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudarwan, Danim.(2004).Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono.(2008).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

________.(2010).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta

________.(2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________.(2013).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta

________.(2014).Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Sunyoto, Danang.(2011).Analisis Regresi dan Uji Hipotesis.CAPS.Jakarta

Suparlan.(2005).Menjadi Guru Efektif.Yogyakarta: Hikayat

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sutrisno Hadi. (2004).Metode Research Jilid 3.Yogyakarta: Andi

Swanburg.(2000).Pengantar Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan Untuk Keperawatan Klinis.Jakarta : EGC.

.(2001).Pengembangan Staf Keperawatan.Jakarta : EGC.

Syah, Muhibbin.(2006).Psikologi Belajar. Bandung: PT.Raja Grafindo Persada.

.(2008).Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda karya.

.(2016).Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda karya.

Timpe, A.Dale.(1991)Kepemimpinan.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Thoha, Miftah.(1999).Kepemimpinan Dalam Manajemen.Rajawali Press:Jakarta.

.(2013). Kepemimpinan Dalam Manajemen.Rajawali Press:Jakarta.

Uno.(2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uzer Usman.Muh.(1990).Menjadi Guru Profesional.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahjo, Sumidjo.(1992).Kepemimpinan Dan Motivasi.Jakarta : Ghalia Indonesia.

Widayatun.(1999).Ilmu Perilaku.Jakarta : CV Sagung Seto

Winkel, W.S.(2007).Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar.Jakarta:Gramedia.

Wirawan.(2013).Kepemimpinan Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Yukl, Gary.(1994). Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Prehalindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.