Persepsi Peserta Didik Terhadap Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Pada Paket Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Seyegan

Dwi Laksono Rizki, Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesesuaian keseluruhan proses pembelajaran mata pelajaran Konstruksi Bangunan pada Paket Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton SMK N 1 Seyegan dengan pembelajaran berdasarkan karakteristik Kurikulum 2013, (2) mengetahui tingkat keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran mata pelajaran Konstruksi Bangunan pada Paket Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton SMK N 1 Seyegan, dan (3) mengetahui tingkat kemandirian peserta didik selama proses pembelajaran mata pelajaran Konstruksi Bangunan pada Paket Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton SMK N 1 Seyegan.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik Kelas X Paket keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton SMK N 1 Seyegan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 57 responden. Data penelitian diperoleh melalui angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran mata pelajaran Konstruksi Bangunan pada Paket Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton SMK N 1 Seyegan sesuai karakteristik Kurikulum 2013 dengan 42 responden (74%) menyatakan sesuai, (2) Peserta didik mampu meningkatkan  keaktifannya selama proses pembelajaran pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan Seyegan dengan 43 responden (75%) menyatakan mampu, (3) Peserta didik mampu meningkatkan kemandiriannya selama proses pembelajaran pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan dengan 34 responden (60%) menyatakan mampu.

Full Text:

PDF

References


A. Manap. (2008). Implementasi Penilaian Pembelajaran pada SMK Jurusan Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan UNY.

Casswell, Hollis L., & Campbell, Doak S. (1935). Curiculum Development. New York: American Book Co.

Gunadi, Tawardjono Usman, & Beni Setya Nugraha. (2014). Identifikasi Kompetensi SMK Program Studi Otomotif Dalam Rangka Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan UNY.

http://enweel.blogspot.co.id/2013/11/5m-pada-pendekatan-scientific.html/. Pada tanggal 22 Februari. Jam 09.20 WIB.

http://kompasiana.com/naniekonomi/pelaksanaan-kurikulum-2013-dan-kendala_ 552fccc86ea834183f8b45f6/. Pada tanggal 23 Mei 2017. Jam 15.45 WIB.

Joko Sriyanto. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan UNY.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pemaparan Wamendikbud mengenai Kurikulum 2013. Jakarta:Kemedikbud

. (2013). Draf Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta:Kemendikbud

. (2013). Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jakarta:Kemendikbud

. (2013). Juknis Persiapan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:Kemendikbud

. (2016). Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan No.20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta:Kemendikbud

. (2016). Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan No.21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Kemendikbud

. (2016). Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan No.22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Kemendikbud

. (2016). Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan No.23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Kemendikbud

. (2016). Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan No.24 Tahun 2016 Tentang Standar Standar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Kemendikbud

Miftah Thoha. (2003). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja. Grafindo Persada

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Pusat Layanan PPL dan PKL. (2013). Materi Pembekalan Pengajaran Mikro/PPL I. Yogyakarta: UNY Press

Oemar Hamalik. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Tim Penyusun Panduan Penagajaran Mikro. (2013). Panduan Pengajaran Mikro. Yogyakarta: UNY Press

Sholeh Hidayat. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2003). Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.