Pencapaian Kompetensi Prakerin Ditinjau dari Persepsi Siswa Terhadap Kualifikasi Tempat dan Pembimbingan Pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Yoshe Wahyu Trias Retnaningrum, Drs. Darmono, M.T.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pencapaian kompetensi siswa prakerin pada Kompetensi Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) Mengetahui kualifikasi tempat prakerin pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta, (3) Mengetahui pembimbingan prakerin pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta, (4) Mengetahui hubungan pencapaian kompetensi siswa prakerin ditinjau dari persepsi siswa terhadap kualifikasi tempat dan pembimbingan prakerin pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta yang berjumlah 85 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan korelasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pencapaian kompetensi prakerin pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta sebanyak 67 siswa (78,82%) menyatakan kompetensi prakerin dalam kategori tinggi, (2) Kualifikasi tempat prakerin pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta sebanyak 63 siswa (73,12%) menyatakan kualifikasi tempat prakerin dalam kategori tinggi, (3) Pembimbingan prakerin pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta sebanyak 76 siswa (89,41%) menyatakan pembimbingan prakerin dalam kategori tinggi, (4) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualifikasi tempat dan pembimbingan prakerin terhadap pencapaian kompetensi prakerin di Jurusan Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,420 yang menunjukan hubungan antar variabel dalam kategori cukup kuat.

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard L. (1997). Classroom Instruction And Management. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cira, D.J dan Benjamin, E.R (1998). Competency_Based Pay : A Concept in. volution. Compensation and Benefits Review, September-October, 21-28.

Djojonegoro, Wardiman. (1998).Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. Jakarta: Jayakarta Agung Offset.

Hamalik, Oemar. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Hargiyanto, Putut. (2010). Kesesuaian Materi Kegiatan Industri Mitra dengan Kompetensi Keahlian Pada Program Praktik Industri Mahasiswa Jurdiknik Mesin Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 19, Nomor 1.

Ismu, Ikhsan. (2014). Persepsi Guru mata Pelajaran Produktif Tentang Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Seyegan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusuma, F.I. (2010). Hubungan Kualifiasi Tempat Prakerin dan Intensitas Kinerja Siswa di Tempat Prakerin dengan Capaian Kompetensi Prakerin Siswa Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 6 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mahmud, Tuatul. (2016). Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Jurusan Tata Boga Politeknik Negeri Balikpapan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 23, Nomor 1.

Narani, G.I. (2010). Pemberdayaan, Motivasi, dan Kinerja; Penilaian Dampak Umapan Balik dan Intensif pada Karyawan Nonmanajerial. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Nitisemito, Alex S. (2000).Manajemen Pemasaran.Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ridhuan. (2006). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfa Beta.

Sedarmayanti.(2007). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Silverius, Suke. (1991). Evaluasi Hasil Belajar Dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta:EGC.

Surya, Mohammad. (1985). Psikologi Pendidikan, Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP.

Teguh, W. (2008). Cara Mudah Melakukan Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Thoha, Miftah. (2003). Prilaku Organisasi Konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Tuntutan Gunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 23, Nomor 1.

Zainal Arifin. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.