Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Atap Baja

Khoiru harjanti, Ikhwanuddin, S. T., M. T.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan  media pembelajaran video animasi pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi atap baja dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi menggunakan SketchUp pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi atap baja. Penelitian ini merupakan penelitian Reasearch and Development dengan mengadaptasi model pengembangan 4D (four-D) melalui empat tahapan utama yaitu proses pendefinisian (define), proses perancangan (design), proses pengembangan (develop), dan proses penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi ahli angket penilaian produk oleh mahasiswa untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran. Hasil pengembangan produk media pembelajaran berupa lima belas video animasi yang disajikan dalam media PowerPoint bersama dengan materi tambahan. Penilaian dari dosen ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran dikategorikan “sangat layak”. Selain itu dari penilaian dalam uji coba skala kecil pada mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan mendapatkan kategori “sangat layak”.

Full Text:

PDF

References


Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Mikael Sugiyanto. (2009). 3D Modelling dengan Google SketchUp. Yogayakarta: Penerbit Andi.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2002). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Smaldino, E. Sharon, Deborah L. Lowther & James D. Russell. (2011). Instructional Technology & Media For Learning ed. 9 (Teknologi Pembalajaran dan Media untuk Belajar). Jakarta: Kencana.

Thiagarajan, S., Dorothy S. Semmel & Melvyn I. Semmel. (1974). Instructional Development for T Training Teachers of exceptional children. Bloomington: Indiana University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.