Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Gambar Teknik Bangunan Siswa Kelas X Teknik Konstruksi Batu Dan Beton SMK Negeri 1 Magelang

Azhar Hasna Rany, Drs. Sutarto, M.Sc., Ph.D.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) motivasi belajar {X1}; (2) lingkungan belajar {X2}; (3) prestasi belajar Gambar Teknik Bangunan {Y}; (4) pengaruh X1 terhadap Y; (5) pengaruh X2 terhadap Y dan (6) pengaruh X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y.  Populasi penelitian adalah siswa kelas X Teknik Konstruksi Batu dan Beton sebanyak 61 siswa. Jumlah sampel penelitian adalah 50 siswa, teknik penentuan sampel dengan tabel Harry King. Jenis penelitian ini adalah ex post-facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan (1) X1 masuk dalam kategori sangat tinggi; (2) X2 masuk dalam kategori sangat tinggi, (3) Y masuk dalam kategori tuntas dengan nilai rata-rata 81,98; (4) pengaruh positif dan signifikan X1 terhadap Y sebesar 55,6%, (5) pengaruh X2 terhadap Y sebesar 51,8%; (6) pengaruh X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y sebesar 67,7%.

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Dimyati & Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Eamon, M.K. 2005. Social Demografic, School, Neighborhood, and parenting influences on academic achievement of latino young adoloscent: Journal of Youth and adoloscent, Vol. 34 No.2, 163-174. Diakses tgl 9 April 2017 dari situs www.researchgate.net

Ernetin. 2016. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Gambar Teknik. Magelang: Tidak diterbitkan.

Gleen Olsen and Mary Lou Filler. 2012. Home and School Relations. New Jersey 07454: Pearson Education, Inc

Hadi, Sutrisno. 2004. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Harry, Cad. 2015. Gambar Teknik Pengertian dan Fungsinya. http://ilmucad123. blogspot.co.id/2015/12/gambar-teknik-pengertian-dan-fungsinya.html. Diakses tanggal 29 Januari 2017, jam 10.00 WIB.

Ikhwanuddin. 2009. Pendekatan Reward Active Cooperatie (RAC) Pada Pembelajaran Praktik Gambar Teknik Mahasiswa Non Reguler Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY. JPTK UNY. (Vol. 18 Nomor 2 Oktober 2009. Hlm 169-188

Ilyas, Muhammad. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik Tahun 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Irawan, Prasetya dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi dan Ketrampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Maslow, Abraham. 1954. Motivation and Personality. United Stated of America: Harper and Brothers

Mustaqim. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Nugroho, Aditya.2013. Pengaruh Motivasi dan Minat Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Diktat Keselamatan dan Kesehatan Kerja di SMK Negeri 1 Sedayu. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Prayitno, Elinda. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: FKIP IKIP Padang.

Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahmat, Taufik Irawan. 2014. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Ketersediaan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Autocad Kelas XII Jurusan Bangunan di SMK Negeri 2 Wonosari. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Robert M. Berns (2010). Child, Family, School, Community : Socialization adn Support. United Stated of America: Cengage Learning.

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: CV. Rajawali.

Siswoyo, Dwi dkk. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Siyamjiyah. 2017. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Melakukan Prosedur Administrasi Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sri Setiyati. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JPTK UNY (Vol. 22, Nomor 2 Tahun 2014). Hlm. 200-207

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Sulistiyarini, Dewi dan Sukardi. 2016. The Influence Of Motivation, Learning Styles, Teacher Leadership, and Teahing Intensity On Students’s Leaning Outcomes. JPTK UNY. (Vol. 23 Nomor 2 Tahun 2016). Hlm 136-143

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syaodih, Nana. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Winarno, Bayu. 2012. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.