Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Pajangan.

Imam Arwani, Drs. Sutarto, M.Sc., Ph.D.

Abstract


Tujuan penelitian ini mendiskripsikan; (1) pengalaman praktik kerja industri, (2) status sosial ekonomi keluarga, (3) kesiapan kerja, (4) pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja, (5) pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap kesiapan kerja, (6) pengaruh praktik kerja industri dan status soasial ekonomi keluarga terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto subyek penelitian siswa kelas XI dengan populasi 69 siswa, diperoleh sampel menurut Isaac dan Michael sejumlah 60 siswa dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukan; (1) pengalaman praktik kerja industri siswa dalam tingkat kategori baik dengan nilai rata-rata 59,12%, (2) status sosial ekonomi keluarga siswa dalam tingkat kategori baik dengan nilai rata-rata 64,7%, (3) kesiapan kerja siswa dalam tingkat kategori baik dengan nilai rata-rata 64,37%, (4) praktik kerja industri siswa berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, (5) status sosial ekonomi keluarga siswa berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, (6) praktik kerja industri dan status sosial ekonomi keluarga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Ildi. (2011). Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Aliyah A. Rasyid (2015). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Melalui Business Center, Prakerin, dan Latar Belakang Keluarga Terhadap Kompetensi Berwirausaha. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

As’ari Djohar. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Hlm. 375-389

Badan Pusat Statistik (BPS). Daftar Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan yang Ditamatkan. di akses dari https://www.bps.go.id, diakses tanggal 25 Januari 2017 pada pukul 20.25 WIB.

Burhan Nurgiyantoro. (2002). Statistik Terapan untuk Ilmu - IlmuSosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Dewa Ketut Sukardi. (1993). Bimbingan Kariri di Sekolah – sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia

Dwi Sapitri Iriani dan Soeharto.(2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 22, No. 3, Mei 2015. Hlm. 275.

Dikmenjur. (2013). Pedoman Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Depdiknas

Firdaus, Zamzam Zawawi. 2012. Pengaruh Unit Produksi, Prakerin dan Dukungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XII di Kabupaten Hul Sungai Utara Tahun Ajaran 2011/2012

Gerungan (2004). Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Godam64. (2006). Pengertian, Definisi, Macam, Jenis dan Penggolongan Industri di Indonesia– Perekonomian Bisnis. Diakses dari http://www.organisasi.org/1970/01/pengertian-definisi-macam-jenis-dan-penggolongan-industri-di-indonesia-perekonomian-bisnis.html. Pada tanggal 1 Februari 2017, pukul 19.34 WIB

Hamzah B. Uno (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Ida Bagoes Mantra. (2009). Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Malayu SP Hasibuan. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Manulang. (2008). Dasar – Dasar Management. Gadjah Mada University Press

Meier & Atkins. (2004). Functional Restoration of Adults and Children with Upper Extremity Amputation. New York: Demos Medical Publishing.Inc.

Mohammad Ali. (2009). Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama

Oemar Hamalik. (2007). Pengembangan SDM Pelatihan Ketenagakerjaan Pendidikan Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Patil, Dhanes Uddhav, dan M Prabhuswamy. (2013). Quality of Work Life-Linkage With Human Resource Productivity. International Journal of Scientific Research and Education, Vol 1 Issue 3

Pemerintah Republik Indonesia (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Peraturan Pemerintah. (1990). No 29 Pasal 3 ayat (2). Tentang Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta

Peter Salim. (1995). Kamus Bahasa Indonesia Konteporer. Jakarta: Modern Inggris Pers

Rizqie F. Pamungkas. (2011) Hubungan Antara Tingkat Sosial Ekonomi Keluarga dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta Skripsi. UNY: Yogyakarta

Santi Utami. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 22, No. 4, Hlm. 425. Oktober 2015

Santrock, J.W. (2007). Psikologi Perkembangan. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Shocib, Moh. (2000). Pola Asuh Orang Tua. Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta

Siswanto Sastrohadiwardoyo. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Slameto. 2010. Belajar daan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soerjono Soekanto. (2000). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press

Sri Setiyati (2014) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 2, Oktober 2014.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif,dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sukardi. (2011) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Suwati. (2008). Sekolah Bukan Untuk Mencari Pekerjaan. Jakarta: Pustaka Grafia

Syaifudin Azwar. (2009). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syarbini, Amirulloh. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia

Walgito, Bimo.(2005). Bimbingan dan Konseling, Studi dan Karir. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.