Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Kelompok Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian (C2) pada Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten

Novia Nita Sari, Dr. Amat Jaedun, M.Pd.

Abstract


Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Kelompok Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian (C2) pada Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)  mendeskripsikan tingkat pemahaman guru dalam merencanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik sesuai dengan Kurikulum 2013 pada kelompok mata pelajaran dasar program keahlian (C2) pada Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten, (2) mendeskripsikan tingkat implementasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik sesuai dengan Kurikulum 2013 pada kelompok mata pelajaran dasar program keahlian (C2) Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menguji intrumen penelitian dilakukan dengan uji veliditas dan reabilitas. Data hasil angket dan dokumen dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan statistik deskriptif, sedangkan data hasil wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tingkat pemahaman guru dalam merencanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik sesuai dengan Kurikulum 2013 pada kelompok mata pelajaran dasar program keahlian (C2) pada Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten tergolong “tinggi” dengan rata-rata pemahamn sebesar 66,67%, (2) tingkat implementasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik sesuai dengan Kurikulum 2013 pada kelompok mata pelajaran dasar program keahlian (C2) Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten tergolong “sangat tinggi” dengan rata-rata persentase sebesar 89,35%.

Full Text:

PDF

References


Dantes, Nyoman. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Nasution. (2011). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

------------. (2014). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta

Suryabrata, Sumadi. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.