Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta

Puput Budy Aryanti, Drs. Agus Santoso, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kompetensi pedagogik guru gambar teknik di SMK Negeri 2 Yogyakarta, (2) mengetahui hasil belajar gambar teknik di SMK Negeri 2 Yogyakarta, (3) mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar gambar teknik di SMK Negeri 2 Yogyakarta.

Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru (X) sebagai variabel bebas serta Hasil Belajar Siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian sebanyak 92 siswa dan sampel sebanyak 73 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier.

Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) tingkat persepsi sebagian besar siswa tentang kompetensi pedagogik guru gambar teknik Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai frekuensi sebanyak 50 serta presentase sebesar 68,49%, (2) tingkat hasil belajar sebagian besar siswa pada mata pelajaran gambar teknik kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 termasuk dalam predikat baik dengan jumlah frekuensi sebesar 67 serta presentase sebesar 91,78%, (3) persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar gambar teknik siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2  Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai  sebesar 0,345 < nilai  sebesar 3,98.

Full Text:

PDF

References


Afif. (2014). Makalah Hasil Belajar dan Materi Ajar. Diakses dari http://pendidikan-biolog.blogspot.co.id/2014/09/makalah-hasil-belajar-dan-materi-ajar.html . Pada tanggal 27 Februari 2017, pukul 15.20 WIB.

Algifari. (2005). Analisis Regresi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Anonim. (2010). Diakses dari https://www.academia.edu. Pada tanggal 12 Januari 2017, pukul 20.14 WIB.

Anonim. (2013). Kompetensi Guru. Diakses dari http://kompetensi.info/kompetensi-guru/empat-kompetensi-guru.html. Pada tanggal 8 Februari 2017, pukul 19.20 WIB.

Anonim. (2016). Kompetensi Guru Indonesia. Diakses dari http://edupost.id/berita-pendidikan/kompetensi-guru-indonesia-masih-memprihatinkan/. Pada tanggal 5 Januari 2017, pukul 15,24 WIB.

Azzahy Ghana Syakira. (2010). Tentang Persepsi. Diakses dari http://syakira-blog.blogspot.co.id/2008/11/tentang-persepsi.html . Pada tanggal 23 Juni 2017, pukul 09.00 WIB.

Bimo Walgito. (1989). Pengantar Psikologi Umum. Surabaya: Bina Ilmu.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

___________________________. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

___________________________. (2006). Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.

Dian Mei Mulyasari. (2011). Potret Kompetensi Mengajar Guru Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 1 Sedayu Bantul. Skripsi: UNY.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset.

Djohar. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.

Firman Palgunadi. (2015). Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Profesionalisme Guru Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 2 Yogyakarta. Skripsi: UNY.

Haryadi Sarjono dan Winda Julianita. (2011). SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Jallaludin Rakhmat. (1991). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Karya.

Jejen Musfah. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Miftah Toha. (2003). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Grafindo Persada.

Mohammad Asrori. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Muhammad Ali. (2004). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_______. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. (1989). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.

___________. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

____________. (2009). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Putu Sudira, MP. (2009). Pendidikan Vokasi Suatu Pilihan. [Online]. Tersedia: http://blog.uny.ac.id/putupanji/2009/03/17/pendidikan-vokasi-suatupilihan/

Sarito Wirawan Sarwono. (1983). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Septi Rahayu. (2014). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Disiplin Kerja Guru SDN di Gugus Gatot Subroto Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Skripsi: UNY.

Sri Waluyati. (2010). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Vokasional Melaluli Metode Peer Teaching dan Kooperatif Jigsaw pada Mata Kuliah Sistem Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 19, No. 1, Hlm. 126.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2014). Metode Penelitian Administrasi, Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta

_______. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

__________________. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim TAS FT UNY. (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Triyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Wahidmurni, Alifin Mustikawan, Ali Ridho. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.