Pengembangan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Wonosari

Nur yanti, Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran Learning Cycle untuk mengetahui: (1) seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan, (2) seberapa besar peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle.

Penelitian pengembangan ini mengacu pada model desain yang dikembangkan oleh Dick & Darey yaitu model ADDIE. Tahapan model ADDIE terdiri dari analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluate). Implementasi uji coba penelitian ini dilakukan dengan Research Classroom yang terdiri dari siklus I, siklus II, dan siklus III melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AA program keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar (posttest), observasi keaktifan siswa dan angket respon siswa. Analisis data penelitian yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keberhasilan peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM 75 pada siklus I sebesar 6,25% meningkat menjadi 37,50% pada siklus II, kemudian pada siklus III naik menjadi 68,75% yang mencapai kriteria “Tinggi” dalam rentang 66<p<80, (2) keberhasilan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran menggunakan model Learning Cycle, mencapai 67,35% dengan rerata skor hasil observasi dan angket yang dicapai tergolong kategori “Aktif” sebesar 88,91.


Full Text:

PDF

References


Achmad Sugandi, dkk. (2007). Teori Pembelajaran . Semarang: UNES Press.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama

Agus Suprijono. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: pustaka media.

__________. (2011). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

AM Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

__________. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

__________. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

__________. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

A. Tabrani Rusyani, dkk. (1989). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Asep Jihad & Abdul Haris. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Tanpa Tempat: Multi Press.

Bybee, R.W., et all. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness, and Applications. (Online). (http:www.bscs.org/sites/default/files/_legacy/BSCS_5E_Instructional_ModelExecutive_Summary_0.pdf, diakses tanggal 10 Maret 2016).

Cynthia Sunal. & Mary E.Haas. (1993). Social Studies and The Elementary/Middle School Student. For Worth: Harcourt Brace Jovaovich College Publisher.

Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dewi Padmo, dkk. (2004). Teknologi Pembelajaran: Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Ciputat: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dina Fadilah. (2010). Pengaruh Learning Cycle Terhadap Prestasi Belajar, Sikap, Minat, dan Keterampilan Proses Dasar IPA Peserta Didik di SD Kecamatan Gondokusuman. Tesis S2. Yogyakarta: FMIPA, UNY.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Penulisan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press

Hafidz Zamtinah. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Instalasi Listrik Melalui Pendekatan Learning Cycle Five “E” (LC 5E). Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Vol. 22 No. 2 Tahun 2014). Hlm. 241-250.

Husaini Usman. (2003). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Jamil Supruhatiningrum. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

__________. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Joyce, Bruce & Marsha Weil. (1996). Model of teaching. USA: Fifth Edition. Allyn & Bacon.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendiknas. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.

Made Wena. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

M. Ngalim Purwanto. (2012). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad Ali. (1993). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nana Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

__________. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

__________. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

__________. (1988). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Oemar Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

R.E Martin. (1994). Teaching Science for All Children. Boston: Allyn and Bacon.

Rofiq Zainur, Urip Widodo & Dandhi Fajartani. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Peningkatan Hasil Belajar Gambar Teknik Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Vol. 22 No. 2 Tahun 2014). Hlm. 235-240.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rusmono. (2012) Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

R.W Dahar. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soewandi Slamet. (2005). Perspektif Pembelajaran Berbagai Bidang. Yogyakarta: USD.

Sudjino, Anas. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penulisan Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

__________. (2010). Metode Penulisan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

__________. (2006). Metode Penulisan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Syambasri Munaf. (2001). Evaluasi Pendidikan Fisika. Bandung: Fisika FMIPA UPI.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

__________. (2007). Model-Model Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pusat.

Tuwoso. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Lulusan di SMK. Jurnal APTEKINDO ke- 7. Hlm. 1173-1177.

Umi Rochayati, Djoko Santoso & Munir, M. (2014). Model Pembelajaran Learning Cycle Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Vol. 2 No. 1 Tahun 2014). Hlm. 108-118.

Widya Nanda G Putri. (2013). Peningkatan Hasil belajar Siswa Kewirausahaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Siswa Kelas X di SMK N 1 Karang Anyar. Skripsi S1. Yogyakarta: PTBB, FT UNY.

Wina Sanjaya. (2012). Peneilitian Tindakan Kelas Cetakan II. Jakarta: Kencana.

__________. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zulfani Aziz. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Skripsi S1. Semarang: Fisika, FMIPA UNNES.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.