Pengaruh Kompetensi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Kejuruan Kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih

Dhika Ramadiansyah, Dr. Amat Jaedun, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat prestasi belajar siswa pada praktik kejuruan di SMK N 2 Pengasih; (2) mengetahui tingkat kompetensi guru dalam mengajar praktik kejuruan di SMKN 2 Pengasih; (3) mengetahui pengaruh kompetensi guru dalam mengajar terhadap terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik kejuruan di SMK N 2 Pengasih.

Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan kompetensi mengajar guru (X) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populaasi penelitian sebanyak 61 siswa. Dan sampel dari populasi adalah sebanyak 55 siswa yang ditentukan melalui teknik sampling proportional random sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Formula Empiris oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) tingkat prestasi belajar siswa pada praktik kejuruan di SMK N 2 Pengasih termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai presentasi 65,57%, (2) tingkat tingkat kompetensi guru dalam mengajar praktik kejuruan di SMKN 2 Pengasih termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai capaian 96,72% dan tingkat kesiapan kerja siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rerata sebesar 113,98 dengan capaian 74,99%; (3)  Kompetensi guru dalam mengajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik kejuruan di SMK N 2 Pengasih.


Full Text:

PDF

References


(Depdiknas. (2003). UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Hadi, Sutrisno, Statistik, Bandung: Andi Offset, 2004.

Adi kurniawan Wicaksono. (2015). Pengaruh Kompetensi Guru dalam Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Praktik Finishing Bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. Skripsi. UNY.

Sugiyono. (2016). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

M.A Yulianto. (2013). Uji Korelasi Spearman Diakses dari https://digensia.wordpress.com/2013/07/09/uji-korelasi-spearman/ Pada tanggal 12 Mei 2017, jam 21.35 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.