Pemanfaatan Media Belajar oleh Guru Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Yogyakarta

Aprilia Rahmawati, Dr. Ir. Sunar Rochmadi, M. E. S.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media belajar oleh guru teknik gambar bangunan SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa garis besar pertanyaan untuk guru serta siswa, dokumen media yang dibuat oleh guru, dan data observasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Pemanfaatan media belajar oleh guru masih terbatas, media yang saat ini dimanfaatkan oleh guru adalah papan tulis, modul, jobsheet, power point, software menggambar, alat peraga, flow chart, dan video. (2) Media belajar yang dimanfaatkan oleh siswa sudah sesuai dengan kebutuhan siswa, tetapi perlu dikembangkan agar dapat meningkatkan keterampilan siswa. (3) Kendala yang dialami oleh guru adalah keterbatasan kemampuan guru dalam mengoperasikan software yang digunakan, keterbatasan waktu, dan kurangnya fasilitas sekolah, dan kurangnya motivasi guru untuk mengembangkan media yang dimanfaatkannya. (4) Alternatif media yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalah video langkah-langkah menggambar dan Adobe Flash untuk mengembangkan media power point.


Full Text:

PDF

References


Yusufhadi, Miarso dkk. (1984). Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.

Nana, Sudjana & Ahmad, Rivai. (1990). Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.