Tingkat Keterampilan Peserta Didik Dalam Praktik Kerja Batu Dilihat Melalui Prespektif Gender di SMK Negeri 2 Wonosari.

Amalia Sholihah, Drs. Pusoko Prapto, M.T.

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui tingkat keterampilan peserta didik dalam prakti kerja batu berdasarkan prespektif gender di SMK Negeri 2 Wonosari.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton. Subjek penelitian sebanyak 32 peserta didik dan satu orang guru mata pelajaran Konstruksi Batu. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Ada perbedaan tingkat keterampilan peserta didik dalam praktik kerja batu dilihat melalui prespektif gender ditunjukan dengan perbedaan nilai antara peserta didik perempuan dan peserta didik laki-laki berdasarkan dokumentasi hasil belajar. (2) Perbedaan tingkat keterampilan terlihat dalam aspek penilaian persiapan dan aspek penilaian proses. Sedangkan dalam aspek penilaian hasil tidak terlihat karena guru memberikan nilai yang sama dalam satu kelompok tanpa memandang gender. (3) Gender mempengaruhi sikap, waktu, penggunaan alat, dan besarnya volume pekerjaan yang dilakukan oleh peserta didik dalam praktik kerja batu di SMK Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2016/2017.


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid & Chaerul Rochman. (2015). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Anie Soetjipto & Pande Trimayuni (2013). Gender dan Hubungan Internasional. Yogyakarta: Penerbit Jalasutra.

Hanun Asrohah. (2008). Sosiologi Pendidikan cet. 1. Surabaya : Kopertais Press.

Ida Bagoes Mantra. (2008). Filsafat Penelitian & Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kantor Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia. (2010). Bahan Informasi Gneder Modul 1 : Apa Itu Gender.

Lilik Hariyanto. (2010). Implementasi Project Minerva Model (PMM) Dalam Peningkatan Kompetensi Praktik Kerja Batu dan Beton Berbasis Contextual Teaching Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 19, No.4 Hlm. 236-254.

Lilik Hariyanto. (2014). Kumpulan Bahan Ajar Pembelajaran Praktik Kerja Batu I. Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yoyakarta.

Lindsey, Linda L. (1990). Gender Roles : a Sociological Perspective. New Jersey: Prentice Hall.

Mansour Fakih. (1999). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Maulana. (2013). Struktur Kurikulum SMK. Diakses dari www. Maulanadudu.wordpress.om/tag/struktur-kurikulum-smk pada tanggal 17 Januari 2016, Jam 19.50 WIB.

Marzuki. (2007). Kajian Awal Tentang Teori-Teori Gender. Jurnal Civics. Vol. 4, No. 2, Abstrak.

Mosse, Julia C. (2007). Half The World, Half a Chance, An Introduction to Gender and Development (Gender dan Pembangunan). Penerjemah : Hartian Silawati. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mufidah Ch. (2010). Bingkai Sosial Gender : Islam, Strukturasi dan Konstruksi Sosial. Malang : UIN Maliki Press.

M. Djunaidi Ghony & Fauzan Almanshur. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhammad Idrus. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Erlangga.

Nugroho, Wibowo. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 23. No. 1. Hlm. 46-50.

Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Pengelompokan Mata Pelajaran Di SMK Berdasarkan Perubahan Kurikulum 2013

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Indonesia.

Riant Nugroho. (2008). Gender dan Strategi Pengaruh-Utamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatakn Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumarjo H. (2009). Efektivitas Pembelajaran Dengan Pendekatan Kooperatif Promosi-Degradasi Pada Pembelajaran Praktik Kerja Batu Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 18. No. 2, Hlm. 212-234.

Tierney, Helen. (1999). Women’s Studies Encyclopedia Vol. I. New York: Green Wood Press.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wawan Djunaedi & Iklilah Muzayyanah. (2008). Pendidikan Islam Adil Gender di Madrasah. Jakarta : Pustaka STAINU.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.