Pemanfaatan Sumber Belajar Geomatika Bagi Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Geomatika di SMK Negeri 2 Yogyakarta

Ayu Roro Ambarwati, Dr. Ir. Sunar Rochmadi, M. E. S.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pemanfaatan sumber belajar geomatika siswa kelas XI Teknik Geomatika, (2) mengidentifikasi kendala dan solusinya, (3) mengajukan alternatif peningkatan pemanfaatan sumber belajar geomatika. Penelitian pada sumber belajar yang telah dan sedang dimanfaatkan oleh siswa.

Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 29 siswa kelas XI Teknik Geomatika, dua guru produktif, dan satu narasumber dari praktisi industri. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Sumber belajar yang selalu dimanfaatkan oleh siswa adalah alat praktik, fasilitas internet, tugas individu, praktik secara kelompok, ruang kelas, lingkungan sekolah, guru dan teman sejawat, sedangkan yang sering dimanfaatkan oleh siswa adalah modul dan jobsheet, (2) Kendala pemanfaatan sumber belajar geomatika dan solusinya yaitu laboratorium dan akses internet belum memadai, solusinya guru memberikan tugas offline dan kendala guru produktif yang belum ideal jumlahnya, solusinya sekolah terus mengusahakan mencari guru produktif dari praktisi industri, serta (3) Alternatif peningkatan pemanfaatan sumber belajar geomatika antara lain jurusan perlu membentuk ikatan alumni Teknik Geomatika dan siswa yang ingin mempelajari perkembangan teknologi drone dan UAV di youtube.com yang diunggah oleh Caturaries Rokhmana.

Full Text:

PDF

References


Amat Jaedun. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Sumber Belajar Alternatif. Diakses dari staffnew.uny.ac.id. Pada tanggal 26 Januari 2017, jam 21.40 WIB.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Kuncoro, T. (1997). Pengembangan kurikulum SMK yang terkait dengan Dunia Usaha. Malang: IKIP Malang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyitno. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol.23, NO. 1, 101-109.

Titin Hera Widi Handayani dan Ichda Chayati. (2006). Pemanfaatan Sumber Belajar Internet untuk Meningkatkan Kreativitas Penyajian pada Mata Kuliah Pengolahan Makanan Oriental. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol.19, NO. 2, 211-234.

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.

Wardiman Djojonegoro. (1999). Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui SMK. Jakarta: Balai Pustaka.

Yuliansah dan Aliyah A. Rasyid. (2015). Efektivitas Unit Produksi sebagai Sumber Belajar Kewirausahaan di SMK Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol.22, NO. 4, 443-453.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.