Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di Smknegeri 2 Wonosari

Dwi Rachmad Alam, Dr. Amat Jaedun, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keaktifan siswa kelas XI dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMK Negeri 2 Wonosari, (2) Mengetahui kedisiplinan siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Wonosari, (3) Mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kedisiplinan siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto yang dilakukan di SMK Negeri 2 Wonosari, Kepek, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewah Yogyakarta pada bulan Januari-Maret 2017. Data primer pada penelitian ini diperoleh melalui pengisisan kuesioner dengan populasi sebanyak 62 siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 52 siswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa statistik deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukan: (1) sebagian besar atau modus yang diperoleh pada keaktifan kegiatan ekstrakurikuler pramuka masuk dalam kategori baik yaitu sebesar 31%, (2) modus kedisiplinan masuk dalam kategori cukup baik yaitu 25%, (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Wonosari yang dapat dilihat dari besarnya koefisien korelasi (r) sebesar 0,346 dan koefisien determinasi (rsquare) sebesar 0,120. Artinya, sekitar 12,0% kedisiplinan siswa dipengaruhi oleh kegiatan ekstrakurikuler pramuka, sedangkan 88,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Amat Jaedun, dkk. (2014). Model Pendidikan Karakter Di Smk Melalui Program Pengembangan Diri Dan Kultur Sekolah. Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan. FT UNY. Vol 22, No 2.

Dwi Junianto. (2015). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Keterlibatan Orang Tua, Aktualisasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan. FT UNY. Vol 22, No 3.

Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka No 11 2013. (2013). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Martono, N. (2011). Metode Peneitian Kuantitatif. jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sri Setiyati. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan. FT UNY. Vol 22, No 2.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

_______. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.