Model Kemitraan Dunia Usaha/Dunia Industri di SMK Pangudi Luhur Muntilan

Dienda Audra Syari, Faqih Ma'arif, S.Pd., M.Eng.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kerjasama SMK Pangudi Luhur Muntilan terkait dengan DU/DI. (2) Pelaksanaan hubungan kerjasama sekolah di SMK Pangudi Luhur Muntilan terkait dengan DU/DI. (3) Evaluasi menjalin kerjasama dengan industri dan perusahaan yang bekerja sama dengan SMK Pangudi Luhur Muntilan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Tujuan dari penelitian deskriptif kualitatif searah dengan rumusan masalah serta pertanyaan penelitian/identifikasi masalah. Kegiatan penelitian ini dengan cara mendeskripsikan hasil wawancara melalui bebrapa tahapan, yaitu: pengumpulan data, menganalisis data, menginterprestasi data, dan diakhiri dengan sebuah kesimpulan yang mengacu pada penganalisisan data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen penyelenggaraan kemitraan (DU/DI) di SMK Pangudi Luhur Muntilan meliputi (a) Perencanaan; (b) Pelaksanaan; dan (c) Evaluasi. (2) Perencanaan hubungan kerjasama melalui program hubungan sekolah dengan dunia usaha/dunia industri selama ini yang dilaksanakan di SMK Pangudi Luhur Muntilan yaitu beasiswa, prakerin, pelatihan, kunjungan industri, dan rekrutmen alumni. (3) Pelaksanaan menjalin kerjasama sekolah meliputi: Prosedur pelaksanaan kemitraan dengan dunia usaha/dunia industri di SMK Pangudi Luhur Muntilan, sebagai berikut: (a) Membuat rencana kegiatan dan draf penelusuran; (b) Persetujuan Kepala Sekolah; (c) Sosialisasi dan pengisian formulir; (d) Analisis data; (e) Menjalin relasi dengan DU/DI; (f) Menyusun jadwal rekrutment; (g) Koordinasi jadwal rekrutment; (h) Pelaksanaan rekrutment; (i) Penerjunan siswa ke DU/DI; (j) Entry data; dan (k) Evaluasi kegiatan; dan Strategi untuk menjalin kemitraan antara lain melakukan uji kompetensi kepada siswa secara rutin yang diselenggarakan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) dan selalu mengevaluasi kinerja siswa di dunia kerja. (4) Evaluasi dalam pelaksanaan kerjasama sekolah, antara lain: (a) Kendala-kendala kerjasama yaitu kurangnya antusias siswa untuk bekerja ke dunia usaha/dunia industri, keterlambatan pengumuman hasil tes, dan DU/DI yang kurang memperhatikan siswa; (b) Indikator keberhasilan SMK Pangudi Luhur Muntilan adalah sasaran mutu, visi dan misi sekolah; dan (c) Sumbangan kemitraan DU/DI terhadap penyelenggaraan PBM, antara lain: mengetahui informasi tentang dunia kerja yang relevan dengan program studi yang ada di sekolah, tempat mengirim siswa PKL/ Prakerin, tempat pembelajaran praktek (Teaching by Factory).

Full Text:

PDF

References


Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan RI. (2015). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Diakses dari www.bpkp.go.id/sesma/konten/2254/Buku-I-II-dan-III-RPJMN-2015-2019.bpkp. pada tanggal 29 Januari 2017, pukul 20.00 WIB.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2014). Visi dan Misi Pemerintah 2015-2019. Diakses dari bappenas.go.id/id/berita-dan-siaran-pers/?ccm_paging_p_b13142...ccm ...67. pada tanggal 29 Januari 2017, pukul 18.28 WIB.

Badan Pusat Statistik RI. (2016). Tingkat Pengangguran Terbuka. Diakses dari https://www.bps.go.id/brs/view/id/1231. pada tanggal 29 Januari 2017, pukul 13.07 WIB.

Murniati A. R. & Usman, Nasir. (2009). Implementasi Manajemen Stratejik dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Nota Kesepahaman RI. (2016). Pengembangan Pendidikan Kejuruan dan Vokasi Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri.

Nuryadin Eko Raharjo, dkk. (2014). Model Pengembangan Kultur Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. (Nomor 2, Volume 22). Hlm. 191-199.

Rochmadi, Sunar, dkk. (2015). Kemitraan SMK Jurusan Teknik Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Dunia Industri. Laporan Penelitian. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sabatari dan Lilik. (2013). Upaya Pembelajaran Kewirausahaan di SMK Potret Komitmen Terhadap Standar Nasional Proses Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. (Nomor 3, Volume 21). Hlm. 285-293.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang Undang RI No. 9 Tahun 1995 Tentang: Usaha Kecil


Refbacks

  • There are currently no refbacks.