Relevansi Kurikulum SMK Negeri 3 Yogyakarta Mata Pelajaran Gambar Interior Kelas XI Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Dengan Kebutuhan Dunia Industri Desain Interior di Yogyakarta

Nugraha Estri Setiasih, Retna Hidayah, ST, MT, Ph.D.

Abstract


Tujuan dari Tugas Akhir Skripsi ini adalah mengetahui: (1) kompetensi mata pelajaran gambar interior yang diajarkan di SMK Negeri 3 Yogyakarta; (2) kompetensi yang dibutuhkan dunia industri desain interior akan tetapi tidak diajarkan di SMK Negeri 3 Yogyakarta; (3) Prosentase relevansi antara kompetensi mata pelajaran gambar interior di SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia industri desain interior di wilayah Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif eksploratif non hipotesis. Proses penelitian dilakukan dengan dua tahap yaitu: pertama, dokumentasi data di SMK Negeri 3 Yogyakarta untuk mengetahui kurikulum gambar interior kelas XI yang diajarkan. Tahap kedua yaitu wawancara dengan dunia industri desain interior di Yogyakarta untuk memverifikasi kurikulum SMK Negeri 3 Yogyakarta kompetensi gambar interior.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum SMK Negeri 3 Yogyakarta mata pelajaran gambar interior kelas XI terdiri dari 4 KI, 15 KD dan 9 SK dari SKL TGB yang kemudian distrukturisasi menjadi 40 point kompetensi. Dari hasil wawancara dengan dunia industri di Yogyakarta menunjukan bahwa (1) Terdapat 37 kompentensi gambar interior yang sesuai dengan dunia industri ; (2) Tedapat 3 kompetensi mata pelajaran gambar interior kelas XI yang diajarkan di SMK Negeri 3 Yogyakarta akan tetapi tidak sesuai dengan dunia industri; (3) Terdapat 19 kompetensi tambahan dunia industri yang tidak diajarkan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. (4) Tingkat relevansi kompetensi mata pelajaran gambar interior kelas XI yang diajarkan di SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan kebutuhan dunia desain interior di Yogyakarta adalah sebesar 66,07 % yaitu masuk dalam kategori relevan.

Full Text:

PDF

References


Andie A. Wicaksono dan Endah Tisnawati. (2014). Teori Interior. Jakarta: Griya Kreasi.

BPS D.I. Yogyakarta. (2016). Keadaan Ketenagakerjaan D.I. Yogyakarta: Pada Agustus 2016 Tingkat Pengangguran Terbuka Sebesar 2,72 Persen. Diakses dari http://yogyakarta.bps.go.id/index.php/brs/428. Pada Tanggal 20 Desember pukul 19.20 WIB.

BPS Indonesia. (2016). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986-2016. Diakses dari https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/972. Ppada tanggal 20 Desember 2016 pukul 19.45 WIB.

Burhan Bungin. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Press.

Ching, D.K. (2002). Architectural Graphics. United Kingdom: John Wiley & Sons.

Depdikbud. (1997). Keterampilan Menjelang 2020 Untuk Era Global. Jakarta

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Endang Triyani. (2013). Gambar Interior dan Eksterior Bangunan Gedung Jilid 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Gunadi, Tawardjono Usman & Beni Setya Nugraha. (2014). Identifikasi Kompetensi SMK Program Studi Otomotif Dalam Rangka Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY , (Vol 22, Nomor 2), Hlm. 156-162.

Hamid Hasan. (2009). Evolusi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ikatan Bankir Indonesia. (2012). Menkeu : Kualitas SDM di Indonesia Masih Rendah. Diakses dari http://ikatanbankir.or.id/berita-hangat/menkeu-kualitas-sdm-di-indonesia-masih-rendah/ pada tanggal 02 November 2016 pukul 21.15 WIB

J. Pamudji Suptandar. (1999). Desain Interior : Pengantar Merencana Interior Untuk Mahasiswa Desain dan Arsitektur. Jakarta: Djambatan.

Janiarto. (2016). Prospek Kerja Jurusan Kuliah Desain Interior. Diakses pada http://www.jurusankuliah.info/2015/06/prospek-kerja-jurusan-kuliah-desain-interior.html pada tanggal 19 Desember 2016 pukul 21.00 WIB.

Moh. Nazir. (1983). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muhammad Zaini. (2009). Pengembangan Kurikulum: Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi. Yogyakarta: Sukses Offset.

Nugroho Wibowo. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY, (Vol 23, Nomor 1), hlm. 46-50.

Ny. Suharsimi Arikunto. (1988). Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Putut Hargiyarto. (2010). Kesesuaian Materi Kegiatan Industri Mitra Dengan Kompetensi Keahlian Pada Program Praktik Industri Mahasiswa Jurdiknik Mesin Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) FT UNY, (Vol 19, Nomor 1), hal. 62-80.

Rakhmat Hidayat. (2011). Sosiologi Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saifuddin Azwar. (1992). Reliabilitas & Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukamto. (1988). Perencanaan & Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sukandarrumidi. (2002). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Umu Syaodah. (2014). Kesiapan Masyarakat Menghadapi MEA 2015. Diakses dari http://pendidikanekonomi2014.blogspot.co.id/2014/10/kesiapan-masyarakat-menghadapi-mea-2015.html pada tanggal 04 November 2016 pukul 07.42 WIB.

Undang-Undang Republik Indonesia NO.20 Pasal 15 Pendidikan Kejuruan. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Yandi Mohammad. (2015). Data BPS: Pengangguran di Indonesia 7,56 Juta Orang. Diakses dari https://beritagar.id/artikel/berita/data-bps-pengangguran-di-indonesia-756-juta-orang pada tanggal 02 November 2016 pukul 20.50 WIB.

Yogi Astikasari. (2015). Tingkat Kesesuaian Kompetensi Mata Pelajaran Gambar Bangunan Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok Dengan Kebutuhan Dunia Kerja di Yogyakarta. Skripsi. FT UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.