Pengembangan Modul Pembelajaran Gambar Interior Berbasis SketchUp 3D Kelas XI Program Keahlian Teknik Arsitektur SMK N 2 Wonosari

Daniardi Zharif Khadafi, Ikhwanuddin S.T., M.T.

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Spesifikasi modul pembelajaran gambar interior berbasis SketchUP 3D untuk kelas XI Teknik Arsitektur  SMK N 2 Wonosari. (2) Kelayakan modul pembelajaran gambar interior berbasis SketchUP 3D untuk kelas XI Teknik Arsitektur  SMK N 2 Wonosari menurut ahli materi, ahli media dan pengguna.

 

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang disesuaikan dengan model Thiagarajan yaitu 4D models. Validator penelitian pertama  pengembangan modul pembelajaran ini adalah dosen jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY sebagai ahli media dan ahli materi. Validator kedua adalah guru mata pelajaran Gambar Interior SMK N 2 Wonosari sebagai ahli materi. Siswa kelas XI Teknik Arsitektur SMK N 2 Wonosari sebagai subyek pengguna modul pembelajaran. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif.

 

Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Produk pengembangan modul pembelajaran ini terbagi menjadi 2 bagian, bagian 1 berisi teori tentang dekorasi dan ornament interior, bagian 2 berisi tentang pengenalan software aplikasi SketchUp serta tutorial menyajikan gambar dekorasi dan ornamen interior dengan SketchUp. Selain itu modul juga dilengkapi dengan topik pembelajaran, rangkuman, Standar Oprasional dan Prosedur (SOP), latihan soal, skor dan kunci jawaban. Modul pembelajaran dicetak menggunakan kertas Ivori 90 pada bagian cover dan HVS 80 gram pada bagian isi dengan ketebalan 56 halaman. (2) Hasil uji kelayakan pengembangan modul pembelajaran: (a) menurut ahli materi masuk dalam kategori sangat layak, (b) menurut ahli media masuk dalam kategori sangat layak dan (c) menurut pengguna masuk dalam kategori sangat layak dengan persentase 85,64%.

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. rev.ed. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Ching, Francis D.K. (2010). Grafik Arsitektur. Penerjemah: Aswin Indraprastha. Jakarta: Penerbit Erlangga.

----------------------- (2011). Desain Interior deangan Ilustrasi. Penerjemah: Ir. Paulus Hanoto Jakarta: PT Indeks.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat

Pembinaan Sekolah Menengah Atas Departemen Pendidikan Nasional.

Djoko Darmawan. (2009). Google SketchUp Mudah dan Cepat Menggambar 3Dimensi. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

H.E. Mulyasa. (2013). Pengembangan Implimentasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hartoyo. (2009). Upaya Meningkatkan Prestasi Melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis kompetensi. JPTK FT UNY. Hlm. 64.

Kadarisman Tejo Yuono, & Suprapto. (2011). Pengembangan Modul Praktikum Mikrokontroler (AVR) Menggunakan Perangkat Lunak Proteus Profesional v7.5 Sp3. JPTK FT UNY. Hlm. 23.

Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Levenson, Helen. (1980). Creating an Interior. New Jersley: PRENTICE-HALL,INC.

Muslich Mansur. (2009). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nanang Abdullah. (2015). Modul Gambar Interior dan Eksterior Bangunan. Kendal: Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Kendal.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Naional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.

Rabbani Kharismawan. (2010). Workshop SketchUp basic. Surabaya: ITS.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan

Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana UNY.

Sunarni, Guntur, & TP Utomo. (2007). Arsitek Interior dan Eksterior Nusantara. Surakarta: UNS PRESS.

Thiagarajan, Sivasailam. et. al. (1974). Instructional Development for Training

Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana

University.

Tiwan. (2010). Penerapan Modul Pembelajaran Bahan Teknik Sebagai Pengingkatan Proses Pembelajaran di Jurusan Teknik Mesin FT UNY. JPTK FT UNY. Hlm. 257.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.