Pengaruh Kompetensi Guru dalam Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Praktik Finishing Bangunan di SMK N 2 Yogyakarta

Faisal Yusuf Fadhilah, Drs. Pusoko Prapto, M.T.

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui tingkat kompetensi guru dalam mengajar pada pelajaran praktik finishing bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada pelajaran praktik finishing bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. (3) Untuk mengetahui apakah kompetensi guru dalam mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik finishing bangunan program Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMK Negeri 2 Yogyakarta.

       Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan ex post facto . populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Yogyakarta sebanyak 56 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 49 siswa ditentukan dengan rumus tabel r Karl Pearson. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analasis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier.

      Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Kompetensi guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik finishing bangunan di SMK N 2 Yogyakarta menunjukkan dalam kategori sangat baik. (2) Prestasi belajar pelajaran praktik finishing bangunan di SMK N 2 Yogyakarta menunjukkan dalam kategori baik. (3) Tidak terdapat pengaruh kompetensi guru praktik dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik finishing bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. Hal tersebut dapat terlihat dari persamaan Y= 81,99 - 0,003X persamaan tersebut menunjukan bahwa apabila terjadi kenaikan nilai satu poin pada nilai kompetensi guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik finishing bangunan di SMK N 2 Yogyakarta akan mengalami penurunan sebesar 0,003 Poin. Sumbangan relatif kompetensi guru dalam mengajar praktik finishing bangunan terhadap prestasi belajar siswa R Square=0,000 atau hanya sebesar 0%, sedangkan sisanya 100% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Full Text:

PDF

References


Adi Kurniawan Wicaksono. (2016). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Mengajar Guru Kejuruan Program Keahlian Teknik bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta . UNY.

Ali Mudlofir. (2014). Pendidik Profesional. Jakarta: Raja Grafindo persada.

Ayu Pangestuti. (2016). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Industri dan Prestasi Belajar Gambar Bangunan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah Pakem Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. UNY.Agus Sunaryo. (1997). Reka Oles Mebel Kayu. Semarang: Pendidikan Industri Kayu Atas.

Durri Andriani,dkk. (2012). Metode penelitian.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Duwi Priyatno. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Publisher

Fadli Rozaq. (2016). Profesionalisme Guru SMK Bidang keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Klaten. Thesis: UNY Yogyakarta.

Firman Palgunadi. (2015). Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Profesionalisme Guru Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. UNY.

Haryadi Sarjono dan Winda Julianita. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Lilik Chaerul yuwono, dkk. (2014). Profil Kompetensi guru Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Otomotif di Kabupaten Sleman. Jurnal pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 2, No. 2. Hlm. 175.

Muhammad Ansori. (2002). Hubungan Peran guru, Sikap Siswa Terhadap Kurikuler, dan Fasilitas Belajar Menggambar Teknik Siswa SMK Muhammmadiyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. UNY.

Nugroho Wibowo. (2016). Upaya memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 23, No. 1. Hlm. 46.

Paryanto. (2008). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Pemesinan Mahasiswa D3 Teknik mesin UNY. Jurnal pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 17, No. 1. Hlm. 103.

Rina Febriana. (2016). Identifikasi Komponen Model Pelatihan Pedagogi untuk menungkatkan Profesionalitas Calon Guru kejuruan. Jurnal pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 23, No. 1. Hlm. 79.

Santi Utami. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 22, No. 4. Hlm. 425.

Sugiyono.(2013). Metodologi Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhasimi Arikunto.(2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_______________.(2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumadi Suryabrata.1998.Psikologi Pendidikan.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutrisno Hadi. (1994). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Taufiana C. Muna. (2013). Peengaruh Profesionalisme Guru Mata pelajaran Produktif dan Karakteristik Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi: UNY Yogyakarta.

Triyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Undang-undang R.I. No. 2 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah RI.

Undang-undang R.I. No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Pemerintah RI.

Undang-undang R.I. No. 18 Tahun 1999 Tentang Jasa Konstruksi. Jakarta: Pemerintah RI.

Undang-Undang R.I. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah RI.

Wardiman Djoyonegoro. (1998). Pengembangan Sumberdaya Manusia Melaui Sekolah menengah kejuruan (SMK). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.