Pengembangan Modul Mata Pelajaran Gambar Teknik Untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK 1 Sedayu

Ananda Bahari Akbar, Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menyusun media pembelajaran gambar teknik. Bahasan materi difokuskan untuk semester ganjil. Produk penelitian ini berupa bahan ajar modul Gambar Teknik yang memenuhi kelayakan untuk siswa kelas X program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK 1 Sedayu. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4D (Four-D) Thiagarajan. Pada penelitian ini dilakukan empat tahapan sebagai berikut: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan berupa angket untuk menguji kelayakan media pembelajaran. Angket divalidasi oleh dosen ahli materi, dosen ahli media, dan guru mata pelajaran gambar teknik. Hasil pengembangan didapatkan: (1) prosedur pembuatan modul pembelajaran Gambar Teknik melalui tahap: pendefinisian (menganalisis kebutuhan modul), perancangan (pengumpulan referensi materi, menyusun modul), pengembangan (validasi produk), dan penyebarluasan (penyebaran produk), (2) modul yang dikembangkan berukuran kertas A5, (3) modul pembelajaran Gambar Teknik yang dikembangkan menurut penilaian ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 4 dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh tingkat kelayakan 3,85 dengan kategori sangat layak, dan guru mata pelajaran memperoleh tingkat kelayakan 3,65 dengan kategori sangat layak.

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, dkk. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia

Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kadarisman Tejo Yuwono dan Suprapto. (2011). Pengembangan Modul Praktikum Mikrokontroler (AVR) Menggunakan Perangkat Lunak Proteus Professional v7.5 SP3. Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan. FT UNY. Vol. 20, No. 1.

Made Wena. (2013). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur Alfian Sasmayaputra. (2015). Pengembangan Media Modul Pembelajaran Konstruksi Bangunan untuk Pembelajaran Konstruksi Bangunan di SMKN 1 Sedayu Bantul. Skripsi S1. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Ronald H. Anderson. (1987). Pemilihan Dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I. (1974).

Instructional Development for Training Teachers of Exceptional

Children. Minnesotta:U.S. Office of Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.